Beranda Bengkulu Selatan Launching Berobat Gratis

Launching Berobat Gratis

69
0
REGA/RKa
BUKA: Bupati BS, Gusnan Mulyadi,SE,MM membuka kegiatan launching, Senin (18/01).

BENGKULU SELATAN (BS) – Pemerintahan Daerah (Pemda) Bengkulu Selatan (BS) menggelar launching Program Layanan Berobat Gratis (PLBG). Berlokasi di Pendopo rumah Dinas Bupati BS, Senin (18/01). Kegiatan ini, di hadiri, Bupati BS, Gusnan Mulyadi,SE,MM, Sekda Yudi Satria,SE,MM dan pejabat lain. Dibuka langsung oleh Bupati BS, dalam sambutan, dia mengatakan untuk meringankan beban masyarakat Kabupaten BS dalam berobat, Pemda menggratiskan biaya pengobatan 42 ribu masyarakat yang sebelumnya mendapatkan layanan kesehatan melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) terputus.

“PLBG ini kita peruntukan untuk 42 ribu masyarakat BS yang sebelumnya mendapat layanan kesehatan melalui Jamkesda yang terputuskan layanannya. Jadi kita fasilitasi dengan PLBG ini. Yakni berobat cukup membawa KTP dan KK,” ujar Bupati BS.

Lanjutnya, untuk pengobatan gratis sementara waktu hanya di berlakukan di Rumah Sakit Umum Hasanuddin Damrah (RSUHD) Manna dan Puskesmas di Kabupaten BS yang ada di bawah naungan Pemda BS. Sedangkan, di luar naungan Pemda BS maka mereka tidak mendapatkan pengobatan gratis.

“Dalam waktu dekat kita akan terbitkan Peraturan Bupati (Perbup)nya,” katanya.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan BS, Siswanto menjelaskan, pihaknya masih mencari alternatif agar seluruh masyarakat BS dapat fasilitas kesehatan gratis hanya dengan membawa KTP dan KK. Sebab, saat ini pelayanan Jamkesda dinonaktifkan sehingga, diganti dengan program PLGB. Dengan adanya program ini, masyarakat yang tercatat di dalam program Jamkesda akan mendapatkan pengobatan gratis kembali.

“Ya, untuk sementara waktu yang sebelumnya Jamkesdanya non aktif saja kita fasilitasi. Ke depannya kita akan cari solusi agar program ini mencakup seluruh masyarakat Bengkulu Selatan,” tegas dia.(rjs)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here