Beranda Lintas Kecamatan Lahan Sawah Terus Berkurang

Lahan Sawah Terus Berkurang

89
0

LUAS – Lahan persawahan yang ada di Kecamatan Luas terus berkurang. Pengurangan lahan persawahan ini disebabkan beberapa factor. Seperti lahan sawah tertimbun bebatuan, abrasi sungai dan ketiadaan irigasi sehingga lahannya tidak bisa digarap. Akan tetapi penyebab berkurangnya lahan itu terbanyak lantaran alih fungsi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit.

Junaidi (49) salah satu pemilik sawah di hamparan sawah lembang Desa Benua Ratu Kecamatan Luas mengatakan sepuluh tahun terakhir lahan sawah di bebagai hamparan yang ada di Kecamatan Luas, terus mengalami pengurangan. Selain beralih fungsi menjadi lahan perkebunan juga disebabkan abrasi. Bahkan ada juga lahan tidak bisa digarap lantaran karena lahan sawah sudah menjadi pulau bebatuan.

“Karena sawah sudah dipenuhi bebatuan, lahan sawah tidak bisa digarap lagi,” katanya kepada RKa Kamis (17/9).

Jika tidak diantisipasi sejak dini, tidak menutup kemungkinan, kedepan sawah yang berada di sepanjang jalan ini akan menjadi lahan pemukiman. Supaya lahan sawah yang ada dipinggir jalan tidak beralih fungsi jadi lahan pemukiman, kedepan pemerintah bisa membuat peraturan daerah tentang alih fungsi lahan.

Memang diakui untuk mengatasi lahan sawah terus mengalami pengurangan, pemerintah berupaya melakukan pencetakan lahan sawah baru. Namun diperkirakan meski ada cetak lahan sawah baru belum bisa menutupi lahan sawah yang tidak berfungsi seperti saat ini.

“Jika lahan persawahan terus berkurang, sulit menuju swasambada pangan yang dicanangkan pemerintah,” tandasnya.(med)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here