Beranda Lintas Kecamatan Lahan Dibakar, Polsek Temui Kades

Lahan Dibakar, Polsek Temui Kades

82
0

MAJE – Sekitar 1 hektar lahan baru dibuka oleh masyarakat di Desa Sinar Mulya Kecamatan Maje dibakar pemiliknya, Kamis (13/8). Berdasarkan pantauan Polsek Maje dari jarak berkisar 2 kilometer dari lokasi pembakaran lahan, lahan sengaja dibakar untuk dijadikan penanaman usaha bagi pemiliknya. Tapi karena kondisi jalan menuju lokasi sulit, maka jajaran Polsek Maje hanya bisa memantau dari kejauhan . Untuk menindaklanjuti hasil temuan titik api ini. Polsek Maje akan menemui Kades Sinar Mulya untuk mendapatkan kepastian siapa pemilik lahan tersebut.
“Memang ada pembakaran lahan yang baru dibuka oleh masyarakat di Desa Sinar Mulya. Jajaran saya telah berupaya mendatangi lokasi tersebut. Hanya karena kondisi jalan yang sulit disertai kondisi cuaca hujan. Maka rombongan tidak sampai di lokasi. Hanya saja dari pantauan, dipastikan titik api sudah padam,” terang Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Puji Prayitno, S.IK,MH melalui Kapolsek Maje Ipda Cahya Prasada Tuhuteru, S.Tr.K.
Lanjutnya, kalau berdasarkan informasi, lahan akan digarap pemilik untuk dijadikan lahan pertanian. Tapi belum bisa dipastikan tanaman apa yang akan ditanam di lahan yang dibakar. Dia juga kembali mengingatkan masyarakat jika membuka lahan jangan dibakar. Demi kebaikan, perlu diketahui melakukan pembakaran lahan melanggar aturan hukum yang telah ditetapkan pemerintah. Apalagi lahan dibakar itu berpotensi membuat terbakarnya lokasi hutan di sekitarnya.
“Tidak dibenarkan membuka lahan dengan dibakar. Jika masyarakat masih melakukan maka akan ada sanksi hukum yang akan dikenakan. Silakan membuka lahan dengan tata cara pengelolaan sesuai aturan yang berlaku,” tegas Kapolsek Maje. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here