Beranda Politik dan Hukum Konsumsi Samcodin Berlebih, Fatal

Konsumsi Samcodin Berlebih, Fatal

30
0

RKa ONLINE, KAUR TENGAH – Maraknya penjualan obat batuk jenis Samcodin Tablet akhir-akhir ini tidak terlepas dari kurangnya pengawasan lingkungan masyarakat terutama orang tua. Padahal, obat batuk tablet jenis ini jika mengkonsumsi secara berlebihan bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Kepala Puskesmas (Kapus) Kaur Tengah, Murdansyah, SKM pada wartawan Radar Kaur (RKa), Senin (23/8) mengatakan, Samcodin merupakan salah satu merk obat-obatan yang biasa digunakan masyarakat untuk menyembuhkan virus batuk. Namun untuk diketahui obat batuk jenis Samcodin terbilang memiliki dosis yang cukup keras.

“Efek samping yang yang mungkin terjadi akibat obat ini secara berlebihan diantaranya yaitu, mengalami ngantuk, pusing, mual-mual hingga muntah-muntah. Sehingga penggunaannya harus berdasarkan pertimbangan dokter,” beber Kapus.

Lebih jelas Kapus mengatakan, obat batuk jenis ini memiliki kandungan dextromethorphan yang merupakan obat untuk meredakan batuk kering yang muncul akibat infeksi tertentu. Namun sayangnya obat ini juga sering disalahgunakan sehingga berujung pada kecanduan. Sama seperti zat adiktif lainnya, bila digunakan secara berlebihan akan muncul efek samping yang sama dan bisa overdosis.

“Demikian pula dengan penghentiannya secara tiba-tiba bisa menyebabkan gejala putus obat. Mulai dari pusing, lemas, mual, muntah, menggigil, nyeri pada seluruh tubuh dan sebagainya. Oleh sebab itu penggunaan obat ini harus sesuai anjuran dokter atau aturan pemakaian yang sudah tertera di kemasan obat tersebut,” tandas Kapus. (roh)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here