Beranda Politik dan Hukum Keselamatan KPPS dan PPS Terjamin

Keselamatan KPPS dan PPS Terjamin

75
0

TANJUNG KEMUNING – KPU menjawab keraguan masyarakat pada saat pungut hitung suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 menjadi klaster penyebaran Covid-19. Dengan memaksimalkan Alat Pelindung Diri (APD) diseluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU meniamin keselamatan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Bahkan, semua elemen masyarakat yang terlibat dalam pemungutan suara ikut disiapkan APD. Mulai penyediaan masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan, sabun, tissu dan sarana pengaman Covid-19 lainnya. Bahkan, KPU menyiapkan sarung tangan dan tablet vitamin bagi petugas KPPS, PPS dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“APD disiapkan diseluruh TPS, KPU menyiapkan sedemikian rupa demi kelancaran proses pungut hitung suara dan mencegah penyebaran virus corona,” ujar Ketua PPK Tanjung Kemuning, Bobi Iskandar, Minggu (4/10).

Pelaksanaan pungut hitung suara Calon Kepala Daerah (Cakada) dalam Pilkada serentak 2020 ditargetkan berjalan lancar, aman dan tidak dihantui penyebaran Covid-19. KPU sudah melakukan upaya pencegahan dan menerapkan protokol kesehatan dalam semua tahapan Pilkada. Pada saat pemungutan suara disiapkan perencanaan matang, mengatur agar tidak terjadi kerumunan masyarakat. KPPS yang melaksanakan tugasnya wajib menggunakan APD yang disiapkan KPU. Selain itu, saksi Cakada yang mendapat mandatpun wajib menggunakan APD.

“APD yang diperuntukkan bagi KPPS akan segera dikirim dari KPU melalui PPK dan PPS. Kemudian, disalurkan ke KPPS,” ungkap Bobi Iskandar.(xst)

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here