Beranda Lintas Kecamatan Kesadaran Prokes Turun, Potensi Terpapar Covid-19 Naik

Kesadaran Prokes Turun, Potensi Terpapar Covid-19 Naik

206
0

LUAS – Kepala Puskesmas (Kapus) Luas, Hj. Elza Risanti, S.KM mengatakan, kesadaran masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di Kecamatan Luas semakin menurun, terutama dalam penggunaan masker. Hal tersebut terlihat dengan masih banyak ditemui. Warga yang tak mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) tersebut ketika berada diluar rumah ataupun berkendara.

“Kesadaran mentaati prokes sebagi ikhtiar melindungi diri semakin menurun. Ini mungkin akibat warga yang yang sudah jenuh karena pandemi covid-19 yang berkepanjangan. Bila memakai masker yang terlihat saja tak dilakukan. Kemungkinan besar Prokes lain juga tak dilakukan,” keluh Kapus Luas pada RKa, Selasa (1/12).

Dengan minimnya kesadaran menerapkan Prokes sebagai usaha pencegahan. Tentu membuat potensi terpapar semakin besar. Menurutnya, selama ini warga hanya menggunakan masker saat ada keperluan, ditempat yang memang menerapkan prokes secara ketat. Sebut saja Puskesmas ataupun kantor pemerinthan. Juga ketika disambangi oleh unsur tripika yang membidangi.

“Harapan kami petugas kesehatan tentu agar timbul kesadaran sejak dini. Jangan sampai karena menyepelekan jadi ada yang terpapar,” harapnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here