Beranda Lintas Kecamatan Kebun Plamas Didata Ulang

Kebun Plamas Didata Ulang

27
0

RKa ONLINE, NASAL – Pemerintahan Desa Muara Dua Kecamatan Nasal data ulang plasma warganya dan pemilik dari luar desa. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penelusuran hutan desa yang habis menjadi kebun plasma di PT Ciptamas Bumi Selarasa (CBS). Jika nanti ditemukan asal muasal lahan menjadi plasma pihak tertentu tidak jelas. Maka desa akan mengajukan keberatan. Jika upaya itu berhasil, maka plasma itu akan menjadi aset desa.

Kades Muara Dua Ansori membenarkan, bahwa mereka sedang menelusuri seluruh plasma di wilayah desanya. Ia membenarkan, jika nanti ada kejanggalan asal muasal lahan itu tidak ada transaksi yang jelas. Maka pihaknya, akan melakukan evaluasi dan melakukan komunikasi ke pemiliknya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian untuk kemajuan desa.

“Saat ini kami sedang menelusrinya. Insa Allah dalam waktu dekat akan ada titik terang. Bahkan, kini sudah ada dua hektar yang akan menjadi aset desa. Selanjutnya akan dimusyawarahkan ke warga. Guna untuk penggunaan uang hasil plasma tersebut,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Koperasi Produsen Graham Mitra Selaras (GMS) Ahyatul Khair, SE melalui Sekretaris Sakiudin membenarkan, bahwa ada Kades Muara Dua melakukan koordinasi ke pihaknya. Memang ada lahan yang saat ini sedang proses untuk dilimpahkan ke desa. Pihaknya menunggu hasil musyawarah warga Desa Muara Dua.

“Kalau untuk penelusuran Pemerintahan Desa Muara Dua akan lahan desa itu hak mereka. Tapi perlu dipahami ketika menyangkut plasma yang jelas ada proses yang harus dilakukan,” terangnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here