Beranda Berita Utama Kebun Masuk HGU, Warga Datangi Anggota DPRD

Kebun Masuk HGU, Warga Datangi Anggota DPRD

169
0

DPRD Bentuk Pansus

IST/RKa
KOORDINASI: Kades Muara Dua dan tokoh masyarakat saat koordinasi dengan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kaur Maharda Kurniawan, SH, Rabu (4/8).

RKa ONLINE, NASAL – Karena urusan lahan kebun warga Dusun Kulik Sialang Desa Muara Dua Kecamatan Nasal masuk ke lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Ciptamas Bumi Selarasa (CBS) belum selesai. Warga Dusun Kulik Sialang bersama Kades Muara Dua datang ke rumah anggota DPRD Kabupaten Kaur, Rabu (4/8).

Mereka mendatangi rumah Wakil Ketua Komisi III Maharda Kurniawan, SH. Dengan harapan bisa mendapatkan petunjuk untuk penyelesaian persoalan yang mereka hadapi. Sehingga lahan mereka bisa disertifikat.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kaur Maharda Kurniawan, SH membenarkan telah didatangi tokoh masyarakat Dusun Kulik Sialang, BPD dan Kades Muara Dua. Mereka menyampaikan keluhan akan persoalan lahan mereka yang masuk HGU PT CBS. Keluhan masyarakat hal prinsip dan mendasar yang memang harus mendapatkan penanganan segera. Sebab menyangkut hak milik masyarakat secara legalitas.

“Ini sebuah persoalan besar, masyarakat harus kami bantu. Sebab, kalau dibiarkan tanpa ada kejelasan secara legalitas hukum. Maka akan menimbulkan dampak dan citra buruk di Kabupaten Kaur dalam perkebunan. Sebuah contoh telah terjadi di PT DSJ. Persoalan ini hendaknya harus dituntaskan segera,” tegasnya.

Lanjut Maharda Kurniawan, kalau tidak ada campur tangan DPRD bersama Pemda Kaur. Karena kalau hanya masyarakat saja yang berjuang. Sudah pasti akan lamban ditanggapi. Karena perusahaan biasanya akan melaukan upaya – upaya untuk membuat persoalan penataan ulang HGU tertunda. Karena untuk membuat ulang HGU pihak perusahaan akan dirugikan. Sebab akan mengeluarkan biaya besar.

“Masyarakat harus dibela, tidak ada pilihan. Karena menyangkut dengan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat kita di Kabupaten Kaur. Saya berharap dukungan untuk warga Kulik Sialang juga akan bisa diberikan oleh rekan – rekan anggota DPRD yang lain,” sebut dia.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here