Beranda Lintas Kecamatan Kebun Kopi di TNBBS Semakin Meluas

Kebun Kopi di TNBBS Semakin Meluas

390
0


DEDI JULIZAR/RKa
KAWSAN TNBBS : Kebun milik masyarakat di kawasan TNBBS hanya sudah bisa dilihat dari jalan lintas, kemarin (2/8).

NASAL – Kerusakan dari tahun ke tahun di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) wilayah Nasal tidak bisa dicegah. Setiap tahun luasan lahan TNBBS dibuka menjadi kebun kopi makin melebar. Selama ini petugas TNBBS yang melakukan razia perambah tidak bisa menjadi barometer membuat perambah takut. Kondisi ini semestinya harus menjadi perhatian serius dari pemerintah pusat. Dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bahkan, kini di dekat jalan lintas di araha Pekon Rata Agung Kabupaten Pesisir Barat (Krui). Jarak kebun dari jalan tidak seberapa jauh. Bahkan kebun masyarakat di TNBBS bisa dilihat dari pinggir jalan. Selama ini mereka aman dari razia petugas. Kondisi ini membuktikan lemahnya dalam penegasan hukum untuk perambah TNBBS.

“Kalau urusan pembukaan kebun di TNBBS bukan rahasia lagi. Dekat Pekon Rata Agung pondok kebun masyarakat bisa dilihat dari jalan. Apalagi daerah kawasan yang jauh dari jalan raya. Jadi kami yang membuat kebun di TNBBS tetap merasa aman sampai kini,” ujar pemilik kebun di TNBBS Muharto (48).

Sebutnya, tentang adanya isu dugaan pungutan oleh oknum petugas TNBBS dia enggan berkomentar. Dia hanya senyum saja ketika ditanya hal tersebut. Hanya saja dia menyampaikan semua ada solusi dalam hal pembukaan lahan di TNBBS. Baginya terpenting itu saling berkomunikasi satu sama lain sudah cukup.

“Saya tidak mau jawab kalau ditanya bahwa ada setoran ke petugas TNBBS. Tapi disetiap lokasi kebun di TNBBS petugas dengan tetua kami saling kenal, itu saja,” sebutnya. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here