Beranda Berita Utama Kapal Perang Firaun Ditemukan

Kapal Perang Firaun Ditemukan

85
0

RKa ONLINE – DUNIA baru saja digegerkan dengan penemuan bangkai kapal yang diduga kuat kapal perang militer zaman Raja Firaun.

Benda yang amat bersejarah itu ditemukan peneliti dari misi arkeologi Mesir-Prancis dari European Institute of Underwater Archaeology (IEASM).

Kementerian Mesir dalam siaran resmi, Kamis 22 Juli 2021 menyebutkan, bangkai kapal ditemukan di laut sekitar kota tenggelam Heraklion di Teluk Abu Qie, Alexandria, Mesir.

Kapal perang itu berasal dari abad keempat sebelum masehi (SM) atau zaman Kerajaan Ptolemaik yang dikuasai Ptolemaios I Soter alias Firaun.

Bangkai kapal ditemukan dalam kondisi tak utuh lagi, posisinya berada di dasar laut tertimbun di lumpur dengan kedalaman lima meter. Peneliti menemukannya dengan cara menyelam dan melakukan penggalian bawah air dengan alat sub-bottom.

Menurut Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, Mustafa Waziri, awalnya peneliti sedang melakukan pencarian makam kuno Yunani di sekitar kanal Kuil Amun. Tapi, di bawah reruntuhan candi malah ditemukan kapal perang.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here