Beranda Berita Utama Yang Ter Kaktus Seharga Motor

Kaktus Seharga Motor

136
0


MERAWAT tanaman hias saat ini sedang digemari oleh masyarakat sebagai hobi baru di era pandemi COVID-19. Tak heran, harga beberapa jenis tanaman hias melambung tinggi, termasuk kaktus yang seharga motor!

Salah satu YouTuber, Ivan Olianto, tengah menunjukkan beberapa jenis kaktus kelas dewa di daerah Surabaya. Kaktus tersebut dijual oleh pria yang dipanggil dengan sebutan Om Andre.

Saat memulai vlog di kanal YouTube miliknya, Ivan menunjukkan rumah dengan pagar putih. Masuk melewati pagar, langsung terlihat halaman yang penuh dengan pot berisi tanaman kaktus.

Jenis kaktus pertama yang ditunjukkan bernama Gymnacalycium mihanovichii yang dipanggil singkat Miha. Bentuknya mungil dengan sedikit bulat layaknya banyak kubah kecil yang menyatu. Warnanya yang cukup bervariasi menarik perhatian.

“Belajar tentang miha dulu. Bentuknya warna warni,” kata Ivan.
Ia pun bertanya harga paling murah dari jenis tanaman itu. Nyatanya, kaktus sultan ini dijual setara dengan gadget.

“Paling murah Rp2,5jt. Karena bentuknya hanya separuhnya,” kata Ivan lagi.
Ivan menyebut bahwa yang membuat kaktus mahal terletak pada varigatanya, yakni bentuk kombinasi dari persemaian biji. Menurut Om Andre, semaian biji itu bisa berhasil menjadi varigata memiliki peluang sangat kecil dengan perbandingan 1:100.
“Makanya harganya mahal,” ujar Ivan.

Ada pula jenis kaktus lophophora dengan bentuk bulat melebar dan bulu lebat di atas bagian tengah. Bulu itu sebenarnya bagian dari daun, dimana proses membentuknya butuh waktu lama dan bentuknya langka.

“Varigata itu merupakan bentuk tulang kaktusnya, dan bentuknya twister, (harganya) Rp20 juta,” kata Ivan menjelaskan usai bertanya pada Om Andre.

Sementara, bentuk varigata lophophora yang masih kecil dan tidak berbentuk twister, harganya cukup jauh. Kisaran harganya yaitu Rp 1-3 juta. Wah wah, tetap mesti merogoh kocek dalam, ya!

Untuk jenis LB Hybrid Varigata, bervariasi sekitar Rp3 juta-Rp10juta. Membutuhkan waktu dua tahun untuk membesarkan jenis kaktus tersebut. Sementara, jenis populer lain seperti epithelantha dan mammilaria dengan kisaran Rp13,5jt.

“Misalnya saya jahil, anggap saya petik nih, sepetiknya berapa?” tanya Ivan.

“Sepetik bisa berharga Rp 100 ribu. Sepetik saja bisa numbuh,” jawab sang pemilik.

Jenis kaktus populer lainnya dengan bentuk kecil juga ada dengan harga mulai dari Rp100 ribu. Meski proses tumbuhnya cukup lama, namun merawat kaktus nyatanya tak sulit.

“Seminggu dua kali disiram yang kecil. Kalau yang besar dua minggu sekali,” kata dia.(**)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here