Beranda Lintas Kecamatan Kades Harus Gandeng Warga Jaga Kamtibmas

Kades Harus Gandeng Warga Jaga Kamtibmas

56
0

MAJE – Seluruh Kades di Kecamatan Maje harus mengajak warganya memberikan peran serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Sebab keamanan merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya menyerahkan sepenuhnya ke aparatur penegak hukum saja. Karena itulah dia mengharabkan desa bisa aktifkan Poskamling.

“Keamanan itu untuk kebaikan bersama. Jadi semua lapisan masyarakat harus memberikan peran sertanya. Merasa bertanggung jawab untuk kebaikan adalah hal yang bagus,” kata Camat Maje.

Semestinya, lanjut Anshari, tamu yang datang ke suatu desa harus ditegaskan wajib lapor. Khususnya tamu yang belum dikenal datang dari daerah luar wilayah Maje. Prilaku itu merupakan salah satu tertib dalam menjaga desa dari potensi yang tidak baik. Kepada warga juga harus memahami dan memberikan perannya. Sehingga tanpa ditegur bisa menyampaikan laporan.

“Desa memiliki hak penuh untuk menentukan aturan untuk membuat aturan. Selagi aturan itu tidak bertentangan dengan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah pusat dan daerah,” tutur dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here