Beranda Berita Utama Kades Diminta Anggarkan Insentif Tenaga Satgas Desa

Kades Diminta Anggarkan Insentif Tenaga Satgas Desa

388
0
UJANG/RKa
BENTUK SATGAS COVID DESA : Sekda Kaur H Nandar Munadi, S.Sos, M.Si memimpin rapat pembentukan Satgas Covid tingkat desa, Jumat (23/7).

RKa ONLINE, BINTUHAN – Seluruh desa diminta untuk mengajukan anggaran kebutuhan penanganan Covid-19 dan insentif tenaga Satgas Covid tingkat desa. Serta membuat surat tugas bagi Satgas desa. Untuk besaran insentif Satgas tergantung dari kemampuan desa masing-masing.

Ini terungkap saat Satgas Covid Kabupaten Kaur melakukan rapat bersama dengan Ketua Forum Kepala Desa (FKKD) kecamatan se-Kabupaten di aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Kaur, Jumat (23/7).

Rapat dipimpin Sekda Kaur H Nandar Munadi, S.Sos, M.Si. Hadir Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Asdyarman, S.Sos, Satgas Covid kabupaten dan pejabat OPD terkait.

“Rapat untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Ketua FKKD Kecamatan tentang refocusing anggaran dalam penanganan Covid-19. Serta tugas-tugas Satgas Desa dalam penanganan wabah Covid-19,” terang Sekda Kaur.

Satgas desa, lebih lanjut Nandar, bertugas untuk melakukan tracking (pelacakan) kasus Covid yang terjadi di desa. Juga bertugas membantu tim medis dalam melakukan pemakaman, apabila ada warga terpapar Covid-19 yang meninggal dunia. Dan yang paling penting, Satgas Desa harus benar-benar bekerja dan memberikan imbauan kepada warga desanya untuk selalu mematuhi Prokes Covid-19.

Satgas desa akan melibatkan TNI dan Polri, tokoh agama, tokoh pemuda, perangkat desa dan diketuai oleh Kades. Setiap Kades wajib membuat struktur dan Surat Keputusan (SK) Satgas Covid-19 tingkat desa. Sedangkan anggaran dimasukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Perubahan tahun 2021. Untuk sistem pengajuan, silakan desa berkoordinasi ke PMD, sehingga kebutuhan Satgas desa benar-benar terpenuhi.

“Dengan semakin terlibatnya desa dalam penanganan Covid-19, harapannya angka kasus Covid-19 di Kabupaten Kaur dapat ditekan serendah mungkin,” tutup Sekda. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here