Beranda Politik dan Hukum Kades Boleh Copot Perangkat

Kades Boleh Copot Perangkat

2902
0
DEDI JULIZAR/RKa
KOORDINASI: Kades di Kecamatan Nasal saat koordinasi dengan Camat Nasal, Rabu (21/4).

RADARKAUR.ID – Kepala desa yang meras tidak bisa maksimal bekerja dengan perangkat desa saat ini boleh melakukan pergantian. Setelah terlebih dahulu melakukan evaluasi terhadap para anggota kabinetnya itu. Usulan evaluasi dapat diajukan kepada pihak kecamatan. Hal itu sesuai Peraturan Bupati (Perbup) no 15 tahun 2021 Bab VIII tentang unsur staf perangkat desa pasal 17 telah dituangkan pada ayat satu dan dua. Ini dibenarkan oleh Camat Nasal Sirajudin Aksah, M.TPd saat menerima Kades untuk berkoordinasi tentang perangkat desa, Rabu (21/4).

“Kalau untuk penggantian perangkat desa Kades harus mengikuti mekanisme yang telah ditentukan dalam Perbup. Begitu juga tentang seleksi dan pengangkatan perangkat desa. Dalam pergantian perangkat desa kami juga berdasarkan aturan dilibatkan. Kecamatan harus membentuk tim penindakan disiplin,” sebut Camat Nasal.

Tambahnya, kalau mengenai ada dugaan janji politik Kades terpilih dia tidak akan berkomentar. Sebab, itu urusan mereka bukan ranah kecamatan. Jadi dia tidak akan menanggapi. Tapi kalau dari sisi aturan untuk melakukan pergantian, semua sudah jelas. Tidak bisa Kades asal cobot jabatan perangkatnya.

“Semua kini ada aturan yang menaungi dalam memberhentikan dan mengangkat perangkat desa. Tapi kalau mengenai evaluasi hasil kinerja perangkat desa memang Kades memiliki hak. Tapi dalam urusan evaluasi itu ada ketentuan tersendiri lagi,” tutup Camat Nasal. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here