Beranda Tak Berkategori Jumlah Pemilih Nasal Bekurang 603 Orang

Jumlah Pemilih Nasal Bekurang 603 Orang

98
0

DEDI JULIZAR/RKa
REKAP COKLIT : Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nasal saat melakukan perekapan data Coklit, kemarin (12/8).

NASAL – Jika mengacu pada data jumlah pemilih awal sebelum pencocokan dan penelitian (Coklit) di Kecamatan Nasal, ada 11.470 pemilih. Maka setelah dilakukan Coklit berkurang 603 pemilih. Berdasarkan data hasil Coklit sementara ini jumlah pemilih di Kecamatan Nasal ada 10.867 pemilih. Berdasarkan informasi pengurangan ini, terbanyak karena perpindahan penduduk. Tapi jumlah hasil Coklit ini bisa berubah lagi. Karena masih ada masyarakat yang belum memiliki dokumen identitas. Kendati mereka sudah menetap di wilayah Nasal sejak lama.

“Semua desa sudah dilaksanakan Coklit. Jumlah yang didapat saat ini 10.867 pemilih. Tapi memang masih ada potensi terjadi penambahan pemilih. Sebab di setiap desa ada warganya yang tidak memiliki kartu identitas,” terang Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nasal, Ibnu Saleh.

Lanjutnya, Coklit ini dilaksanakan berdasarkan kartu keluarga (KK). Jadi warga yang belum memiliki KK tidak masuk dalam data petugas. Kepada warga itu diminta segera untuk melakukan kelengkapan dokumen identitas. Kepada pemerintahan desa diminta supaya bisa mendata ulang warganya yang tidak ada KK secara rinci. Sehingga bisa dilakukan pembuatan dokumen walau sementara hanya sebatas surat keterangan (Suket) domisili dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Kami akan terus melakukan penyisiran tentang pemilih ini. Tentu sesuai dengan tahapan yang diberikan oleh KPU Kabupaten Kaur. Jika nanti tahapan perbaikan data dilakukan. Maka mereka yang dulunya belum ada dokumen identitas. Ketika didata ulang sudah memiliki maka akan masuk data perbaikan,” sebutnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here