Beranda Lintas Kecamatan Jembatan dan TPU Terancam Amblas

Jembatan dan TPU Terancam Amblas

77
0
HERPIN/RKa
ABRASI : Pemdes Bunga Melur Kecamatan Semidang Gumay meninjau abrasi Sungai Kinal, Senin (6/9)

RKa ONLINE, SEMIDANG GUMAY – Akibat abrasi Sungai Kinal di Desa Bunga Melur Kecamatan Semidang Gumay, jembatan dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di kawasan desa tersebut terancam amblas. Abrasi tak bisa dielakkan dikarwnakan luapan air tidak mampu membendung. Sehingga sedikit demi sedikit terjadi tanah sepanjang bantaran sungai tergerus.

“Kondisi di bantaran Sungai Kinal sudah sangat memprihatinkan akibat abrasi. Jika ini terus dibiarkan, jembatan dan TPU terancam amblas,” kata Kedes Bunga Melur, Febri Yogi Awansya saat menunjukan abrasi pada jembatan dan TPU Bunga Melur, Senin (6/9).

Selanjutnya, Febri Yogi Awansyah juga menuturkan, abrasi yang terjadi di bantaran sungai diperkirakan mencapai 200 meter panjangnya. Seiring berjalannya waktu terus mengalami pengikisan, ditakutkan merambah TPU yang berada di sekitar bantaran sungai.

“Saya melihat tebing ini yang memang tingkat abrasinya tinggi. Apabila diterjang arus deras, dan ini harus secepatnya ditanggani. Jika tidak, jembatan Air Kinal dan TPU Bunga Melur akan amblas,” ucapnya.

Sambung Kades, jarak TPU dengan bibir sungai tinggal 5 meter. Sedangkan beton tiang jembatan sudah berongga cukup dalam.

“Saya berharap ada tanggap darurat atas jembatan dan TPU desa ini. Untuk sekarang sudah dilaporkan ke dinas terkait,” ujarnya.(pin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here