Beranda Lintas Kecamatan Jelang 2021, Pinang Kering Rp 11 Ribu

Jelang 2021, Pinang Kering Rp 11 Ribu

507
0
DEDI JULIZAR/RKa
PINANG: Jemuran pinang di toke Desa Suku Tiga Kecamatan Nasal, Selasa (29/12).

NASAL – Menjelang pergantian ke 2021 harga pinang kering bertahan Rp 11.000 per kilogram (Kg). Harga ini mengelami penurunan Rp 1000, jika dibanding beberapa waktu lalu. Tapi masih lebih baik jika dibandingkan tahun 2019. Saat itu harga pinang kering hanya bertahan Rp 7000 per Kg.

“Harga pasar pinang kini masih bagus. Hanya mengalami sedikit penurunan saat menjelang pergantian tahun. Tapi saya yakin kondisi tidak ada persoalan bagi petani,” ujar pengumpul pinang Desa Tanjung Betuah Ginting Jawa.

Lanjutnya, untuk membeli buah pinang dia tidak hanya fokus yang sudah kering. Pinang yang masih basah tapi sudah dikupas dia beli dengan masyarakat. Hanya saja harganya berbeda, untuk pinang basah yang sudah dibelah dari harga kering berkurang Rp 2000/Kg. Tapi harga itu bisa saja lebih murah lagi atau naik. Melihat kwalitas buah pinang yang dibawa masyarakat.

“Kalau jenis pinang lokal yang basah, harganya bisa lebih tinggi. Sebab susut pinang lokal saat basah dengan kering mati tidak seberapa besar. Tapi kalau jenis pinang pertanian. Susut kadar airnya lebih dari 10 persen,” sebut dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here