Beranda Berita Utama Yang Ter Jam Tertua

Jam Tertua

64
0

PRAGUE Astronomical Clock atau Jam Astronomi Praha merupakan jam astronomi abad pertengahan yang terletak di Praha, ibu kota Republik Ceko.
Dibuat pada tahun 1410 jam ini menjadi jam tertua yang masih beroperasi dan menjadi jam astronomi tertua ketiga di dunia.

Jam astronomi sendiri adalah jam dengan mekanisme khusus yang menampilkan informasi astronomi seperti posisi relatif dari matahari, bulan, serta zodiak rasi bintang.
Tak hanya menjadi benda tertua, jam astronomi Praha juga memiliki sejarah dan legenda yang kelam.

Kisah kelam ini berlatar pada abad kelima belas, ketika jam ini dirancang oleh Mikulas dari Kadan dan ahli matematika, Jan Sindel. Sementara seorang pengrajin bernama Hanus yang membuatnya.

Konon, keahlian Hanus membuatnya didekati banyak negara asing yang meminta dibuatkan jam astronomi luar biasa di alun-alun kota mereka sendiri.
Hanus menolak untuk menunjukkan rencana mahakaryanya kepada siapa pun, namun kabar itu terdengar hingga ke Dewan Praha.
Ketakutan bahwa Hanus akan membangun jam yang lebih besar, lebih baik, dan lebih indah untuk negara lain, para anggota dewan menyuruh pembuat jam yang brilian itu dibutakan.

Hanus yang merasa dendam, dalam keadaan buta memanjat menara jam dan merusak mekanismenya sehingga tidak ada yang bisa memperbaikinya.
Ia juga mengutuk jam tersebut dengan mengatakan semua yang mencoba memperbaikinya akan menjadi gila atau mati.

Meski ini lebih diyakini sebagai legenda namun faktanya Jam Astronomi Praha yang disebut juga Praha Orloj ini telah rusak dan diperbaiki berkali-kali.
Di luar itu semua, Jam Astronomi Praha merupakan pencapaian teknologi yang luar biasa dan terletak di sisi selatan Menara Balai Kota Tua.(**)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here