Beranda Lintas Kecamatan Jalan Menuju Air Palawan Rawan Longsor

Jalan Menuju Air Palawan Rawan Longsor

51
0
DEDI JULIZAR/RKa
LONGSOR: Ruas jalan menuju Desa Air Palawan Kecamatan Nasal longsor, Kamis (1/4).

NASAL – Kondisi jalan di atas punggung bukit membuat jalan menuju Desa Air Palawan Kecamatan Nasal rawan longsor. Apalagi kini tanah di dua sisi jalan sudah tidak banyak kayu – kayu sebagai penahan tebing. Bahkan, sudah lebih dari tiga titik jalan mengalami longsor. Sedangkan kini aspal di sisi arah jurang sudah banyak retak.

“Memang jalan menuju Air Palawan jika hujan lebat rawan amblas. Sebab posisi jalan berada di dua sisi jurang. Kondisi ini diperparah karena tanah di sisi jalan sudah banyak dibuka oleh masyarakat menjadi kebun,” ujar Yoyo (38) warga Desa Air Palawan.

Tambahnya, memang setiap tahun ada dilakukan perbaikan jalan longsor. Hanya saja kalau perbaikan tersebut tidak dilaksanakan secara maksimal. Maka talut penahan tebing (TPT) itu akan kembali patah. Buktinya, lokasi dulu yang sudah dibangun TPT kini sudah patah lagi. Lokasi itu kini kembali proses perbaikan.

“Tanah di jalan menuju desa kami labil. Kalau curah hujan tinggi bagian bawah jurang akan mudah amblas. Sehingga membuat jalan di bagian atas tergerus,” tutur dia. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here