Beranda Lintas Kecamatan Jaga Ketahanan Pangan

Jaga Ketahanan Pangan

56
0
IST/RKa
HINDROPONIK : Penamanan sayuran dengan metode hidroponik dengan memanfaatkan air sebagai media tanam.

LUAS – Di tengah krisis ekonomi seperti sekarang. Masyarakat dituntut berpikir kreatif. Terlebih dalam menjaga ketahanan pangan. Yang merupakan kebutuhan primer. Salah satunya yakni dengan memanfaatkan lahan tidur. Untuk ditanami dengan bahan konsumsi. Misalnya saja sayur-sayuran.

“Menjaga ketahanan pangan daerah adalah tugas bersama. Caranya dengan memanfaatkan lahan tidur,” ujar Camat Luas Indera Jaya, Senin (18/1).

Camat Luas mengatakan, selain memanfaatkan tanah sebagai media tanam. Masyarakat sebenarnya dapat menggunakan metode hidroponik dalam penanaman. Metode dengan menfaatkan air sebagai media tanam ini, sebenarnya telah lama ditemukan. Namun aplikasinya di Kabupaten Kaur masih jarang terlihat.

“Selama ini petani kita masih bertahan dengan cara lama. Yakni masih menggunakan tanah sebagai media tanam. Padahal ada metode lain yang sebenarnya telah lama ditemukan. Namun belum diterapkan,” sampai camat, Senin (18/1).

Menurut Indera Jaya, penanaman dengan metode hindroponik menjadikan pengunaan lahan, air, dan puluk lebih efesien. Selain itu menjadikan kualitas dan kuantitas produksi lebih tinggi. Serta lebih bersih dibandingkan menggunakan media tanam tanah. Tak hanya itu saja, pengendalian hama juga dipercaya lebih mudah.

“Memang dibutuhkan modal yang besar. Namun apa salahnya di coba. Mulai dari scala kecil terlebih dahulu. Nanti kalau sudah berhasil dan mengerti caranya. Baru melakukan scala besarnya,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here