Beranda Politik dan Hukum Jadikan Desa Maju, Transparan dan Berkeadilan

Jadikan Desa Maju, Transparan dan Berkeadilan

1111
0
IST/RKa
FOTO BERSAMA: Kades Ulak Bandung Didi Hirawansah, S.Pd berfoto bersama keluarga dan tim sukses usai pelantikan saat mengunjungi Pantai Pengubaian, Senin (6/4).

MUARA SAHUNG – Usai resmi dilantik oleh Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, M.AP, Senin (16/4). Kades Ulak Bandung, Didi Hirawansah, S.Pd akan memulai bergerak, melaksanakan tugas menjadikan Desa Ulak Bandung menjadi semakin lebih baik. Berkeadilan, transfaran, dan merata. Adalah visi yang akan diterapkannya dalam pemerintahan desa selama enam tahun mendatang.

“Alhamdulillah desa kami telah menjadi semakin baik, dan kedepannya yang menjadi misi saya yang telah dipercaya sebagai kepala desa, adalah makin memaksimalkannya,” ujarnya pada RKa, Selasa (6/4).

Pria yang akrab disapa Pak Radit ini memaparkan visi yang akan diterapkan dalam pemerintahan Desa Ulak Bandung.

Berkeadilan, menurutnya, contoh penerapan prinsip ini dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Dimana pemerintahan desa harus secara adil melayani semua lapisan masyarakat Desa Ulak Bandung. Tanpa memandang suku, hubungan keluarga, gender, juga status sosial.

Transparan, dalam hal ini, pemeritah desa mengelola keuangan secara terbuka, sebab keuangan itu adalah milik rakyat atau barang publik yang harus diketahui oleh masyarakat. Pemerintah desa wajib menyampaikan informasi secara terbuka kepada masyarakat.

“Kurangnya transfaransi dalam sebuah pemerintahan desa, khususnya masalah pengelolaan keuangan, seringkali jadi pemicu terjadinya kisruh dalam sebuah desa,” jelasnya.

Merata, terkait pembangunan desa akan dilakukan secara merata. Dengan jumlah penduduk lebih 1400 orang, dan terbagi menjadi beberapa dusun. Pembangunan tentu harus dibagi secara merata. Ini menghindari terjadinya cemburu sosial didalam warga desanya.

“Lalu kami juga menerapkan 3M dalam pemerintahan. Dimana 3M itu melayani, memahami, dan melindungi,” tutup Kades Ulak Bandung. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here