Beranda Berita Utama Izin Jual Beli Benur Hanya Uji Coba dan Penelitian

Izin Jual Beli Benur Hanya Uji Coba dan Penelitian

48
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Beberapa warga Kabupaten Kaur sudah menjadi korban akibat tergiur keuntungan menjual benur atau Baby Lobster (BL). Padahal untuk melakukan jual beli benur, harus ada izin dan tidak melawan aturan. Apalagi saat ini izin ekspor benur sudah ditutup. Sehingga praktis izin jual beli hanya untuk budidaya dalam negeri dan penelitian. Sementara itu, sampai saat ini di dalam negeri belum ada kegiatan pembudidayaan benur dalam skala produksi. Atau baru sebatas uji coba dan penelitian.

Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kaur agar tidak tergiur dengan janji-janji oknum tidak bertanggung jawab. Sehingga masyarakat melanggar hukum dan menjadi korban karena menangkap benur atau melakukan jual beli benur secara ilegal.

“Saat ini sudah ada tiga kasus mulai dari tangkapan Polda Bengkulu hingga Polres Kaur. Untuk itu harapan kita tidak ada lagi masyarakat Kabupaten Kaur yang melakukan rutinitas menangkap benur dan jual beli secara ilegal agar menghentikan aktivitasnya,” kata Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH Minggu (8/8).

Dikatakan Kapolres, Kabupaten Kaur memang terkenal atau salah satu daerah yang memilki sumberdaya alam salah satunya penghasil Baby Lobster atau benur di Provinsi Bengkulu. Seiring waktu yang mana izin ekspor benur dicabut oleh Kementerian maka masyarakat dilarang melakukan jual beli benur apabila tidak memiliki izin yang jelas.

Lanjut Kapolres, izin yang jelas di maksud seperti penelitian oleh universitas maupun untuk kepentingan lainnya yang sifatnya memiliki izin yang berlaku. Apabila tidak memiliki izin yang jelas maka dipastikan melanggar hukum dan penegak hukum akan melakukan penagkapan sesuai dengan aturan yang ada.

“Harapan kami tidak ada lagi masyarakat Kaur yang menjadi korban karena melanggar hukum akibat janji-janji dan tergiur mendapatkan keuntungan banyak dari benur tersebut,” tutup Kapolres. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here