Beranda Pendidikan Indonesia Rajai 10 Besar Top Islamic Universities 2021, UMM Nomor 1

Indonesia Rajai 10 Besar Top Islamic Universities 2021, UMM Nomor 1

79
0

JAKARTA – Kabar membanggakan datang dari dunia pendidikan. Tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) berhasil menempati 10 besar 2021 Top Islamic Universities versi UniRank. Bahkan ada menempati posisi pertama, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Selain tiga universitas milik Muhammadiyah, Indonesia juga merajai peringkat sepuluh besar tersebut dengan masuknya dua universitas lain. Yaitu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang (peringkat ke-9) Universitas Islam Indonesia (UII), Jogjakarta (peringkat ke-10).

Untuk diketahui, UniRank merupakan lembaga pembuat ranking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, Australia. UniRank ini setiap tahunnya menampilkan survei perguruan tinggi terbaik di dunia.

Selain UMM, terdapat juga Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di peringkat keempat. Sementara itu, di posisi delapan, ditempati oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Mendengar kabar tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan apresiasi tinggi atas pencapaian ini dan berterima kasih kepada seluruh pihak terkait atas komitmen, kesungguhan, serta pengabdian untuk bekerja secara nyata dan membanggakan.

’’Semuanya telah berbuat dengan cerdas, berkualitas, profesional, objektif, serta memberi manfaat strategis dan kemanfaatan besar bagi kemajuan persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global. Terimakasih pula kepada semua pihak yang selama ini telah bekerjasama dengan Muhammadiyah untuk memajukan kehidupan bangsa dan kemanusiaan semesta,’’ tuturnya seperti dikutip dari laman Muhammadiyah, Kamis (18/2).

Kata dia, PTM yang diakui secara nasional dan internasional itu sangat membanggakan. Hal itu pun membuktikan bahwa Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul menebar kebaikan bagi umat, bangsa dan dunia. ’’Muhammadiyah selalu berkontribusi yang konstruktif bagi kehidupan umat manusia kapan dan di manapun. Muhammadiyah sering hadir tidak gegap gempita, tetapi selalu terpanggil berbuat nyata yang memberi maslahat bagi kehidupan bersama,’’ jelas dia.

Sebagai informasi, dalam memilih kampus terbaik, UniRank menggunakan berbagai kriteria. Mulai dari mendapatkam akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk kementerian pendidikan di suatu negara. Termasuk menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral) dan juga memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka. (*)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here