Beranda Berita Utama Ikan Hiu Wajah Babi

Ikan Hiu Wajah Babi

72
0

RKa ONLINE – KITA telah banyak mendengar kabar penemuan ikan dengan bentuk yang aneh. Salah satunya datang dari Italia. Pelaut di Negeri Pizza menemukan ikan aneh. Tubuhnya mirip hiu, sementara bagian ‘wajahnya’ disebut mirip babi.

Dikutip dari Mirror.co.uk, Sabtu 11 September 2021, ikan itu ditemukan ketika tentara Angkatan Laut menemukan sesuatu yang mengambang di perairan Darsena Medicea, Italia. Saat ditarik dari air, mereka menemukan ikan—mirip dengan hiu—dengan wajah mirip babi.

Penemuan itu membuat orang bergidik. Muncul desas-desus bahwa ikan itu adalah sejenis mutan. Tapi, rumor itu ditepis.

Sebenarnya, Ini Ikan Apa?
Usut punya usut, ikan itu adalah hiu angular. Nama latinnya, Oxynotus centrina. Ikan tersebut disebut dengan hiu berwajah babi. Tinggalnya di laut sedalam 2300 kaki (701,4 meter) dari permukaan laut.

Makhluk ini masuk ke dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Satwa ini tergolong hewan yang dilindungi. Ditambah lagi, ikan hiu angular itu juga jarang ditemukan.

Dikecam Warganet
Ikan itu ditemukan tiga minggu yang lalu, namun menjadi viral di media sosial. Hal ini disebabkan oleh wajahnya yang aneh.
Unggahan tersebut juga tak luput dari perhatian warganet. Tak sedikit mereka yang berpikir ikan itu ditangkap dan dibunuh untuk kepentingan tertentu.

Dikaji Lebih Lanjut
Setelah diangkat dari laut, ikan hiu angular dibawa ke Harbour Office untuk dipelajari. Perwakilan dari Elba Aquarium, Yuri Tiberto, mengatakan memang ikan ini jarang.
Tapi, tak jarang juga terlihat di perairan sekitar.

“ Ini disebut dengan ikan babi. Kemudian, saat keluar dari air, ikan itu mengeluarkan suara seperti gerutuan,” kata Tiberto.(*)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here