Beranda Lintas Kecamatan IDM Online, KPM Desa Dilatih

IDM Online, KPM Desa Dilatih

43
0


DEDI JULIZAR/RKa
PELATIHAN : Kader Pembangunan Manusia (KPM) saat mengikuti pelatihan di Kantor Camat Maje, Selasa (9/3).

MAJE – Kader pembangunan manusia (KPM) di 19 desa Kecamatan Maje dilatih oleh tenaga ahli (TA) desa tingkat kabupaten dan pendamping kecamatan. Pada kegiatan ini juga pendamping lokal desa ikut mendampingi KPM desa yang menjadi tempat tugasnya. Pelatihan ini tidak lain untuk memasukan data indeks desa membangun (IDM). Sebab sebelumnya IDM dimasukan secara manual, kini dengan sistem online.

“Kini memang ada perubahan dalam pelaporan KPM setiap bulan dan triwulan maupun tahunan. Mereka semula memakai cara manual. Kini sudah langsung memasukan data ke aplikasi Human Developmont Worker versi 1.0.40. Sehingga untuk memberikan pemahaman kami memberikan pelatihan,” jelas tenaga TA desa Kabupaten Kaur, Gusia Herman, SKM.

Lanjutnya, setelah pelaporan ini dilakukan oleh pihaknya. Kepada KPM tanpa harus diberitahu lagi sudah bisa melakukan penyampaian laporan secara rutin. Sehingga kegiatan desa yang telah dilakukan bisa masuk data dengan terperinci dan lancar. Dengan demikian maka data desa yang ada di wilayah ini langsung bisa dilihat oleh pemerintah pusat melalui aplikasi yang ada.

“Kami akan selalu memberikan petunjuk terbaru ke seluruh pelaksana kegiatan Dana Desa (DD). Sesuai ketentuan yang disampaikan pemerintah pusat. Supaya apa yang dilaksanakan di tingkat desa sesuai ketentuan yang diwajibkan,” tunas dia. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here