Beranda Tak Berkategori HPT Gundul, Sungai Sawang Makin Dangkal

HPT Gundul, Sungai Sawang Makin Dangkal

114
0


DEDI JULIZAR/RKa
PENDANGKALAN: Pendangkalan di Sungai Sawang Desa Sinar Mulya Kecamatan Maje terus terjadi, Rabu (16/9).

MAJE – Pembalakan liar terus terjadi di Hutan Produksi Terbatas (HPT) daerah hulu Sungai Sawang Kecamatan Maje. Dampaknya kondisi pendangkalan Sungai Sawang di Desa Sinar Mulya makin parah. Sudah banyak lubuk kini tertimbun tanah dan pasir. Kondisi ini belum mendapatkan perhatian serius oleh instansi membidangi.

Warga Dusun Bacang Desa Sinar Mulya Muyanto (42) mengakui, memang di dalam hutan di ujung dusun mereka sering terdengar bunyi mesin gergaji (chainsaw). Suara raungan mesin gergaji kayu itu diduga sedang melakukan penebangan pohon. Hanya saja dia tidak tahu siapa pelaku kegiatan diduga ilegal tersebut. Sebab lokasinya jauh dari permukiman mereka. Petugas kehutanan sepertinya hanya pasif dan diduga melakukan pembiaran.

“Kalau orang yang akan menebang kayu sering kami lihat masuk ke arah hutan dari ujung dusun. Tapi kami tidak tahu pelaku kegiatan tersebut,” ujarnya.

Lanjut dia, untuk saat ini memang belum ada petugas yang melakukan kegiatan razia. Kalau dulu memang sering ada petugas melakukan operasi. Mengenai kondisi sungai, ia membenarkan saat ini kondisinya lebih dangkal dari lima tahun lalu. Kondisi ini jelas dipengaruhi oleh akibat pembukaan lahan di hulu sungai tersebut.

“Kalau Sungai Sawang jauh merosot dari dulu. Baik itu kedalaman serta kondisi ekosistim lainnya. Bisa saja ini terjadi akibat pembukaan lahan perkebunan. Serta pengambilan kayu di hutan – hutan sekitar hulu air,” sebutnya. (mrn)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here