Beranda Lintas Kecamatan Horee! Harga Kopi Terus Membaik

Horee! Harga Kopi Terus Membaik

533
0

MAJE – Saat memasuki musim kopi pada tahun ini ada angin segar bisa dirasakan petani. Pasalnya, awal musim harga biji kopi kini sudah mencapai Rp 18.000 /kilogram. Bahkan jika kualitas bagus ada toke berani harga lebih mahal. Jika mengacu pada musim kopi tahun lalu. Harga biji kopi sampai akhir tahun tidak ada lebih dari Rp 18.000 /Kg. Hal ini membuat ekonomi petani kopi melemah. Dengan kondisi harga terkini, diyakini musim kopi tahun ini ekonomi petani mulai membaik.

“Saat ini memang lebih bagus dari musim tahun lalu. Kalau biji kopi dengan kualitas bagus saat ini berani membeli Rp 18.500/Kg. Harga beli biji kopi ini saya patok berdasarkan ketentuan harga pasaran di Provinsi Lampung,” ujar Opi, toke kopi Desa Benteng Harapan Kecamatan Maje.

Tambahnya, kalau biji kopi standar dibelinya sama seperti dengan yang lainnya. Kalau untuk keberangkatan biji kopi saat ini memang mulai meningkat dari biasanya. Dalam satu minggu dia sudah bisa mengirim biji kopi mencapai 10 ton. Dia yakin mulai bulan depan akan kembali meningkat.

“Kini baru awal musim, jadi belum seberapa banyak. Tapai kalau satu bulan ke depan, biji kopi akan lebih banyak lagi. Sebab semua petani sudah panen kopi di semua wilayah Kecamatan Maje dan Nasal,” sebut Opi. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here