Beranda Berita Utama Hindari Kisruh, Aset Desa Dinomori

Hindari Kisruh, Aset Desa Dinomori

548
0
HERY/RKa
TEMPEL: Aset milik Desa Ganda Suli ditempel nomor seri yang telah terdata oleh tim aset desa dari DPMD Kaur, Rabu (28/7).

RKa ONLINE, LUAS – Aset yang dimiliki sebuah desa, baik dalam bentuk bangunan ataupun sarana dan prasarana (Sarpras), seringkali menjadi polemik internal dalam sebuah desa, bila tak dilakukan pendataan secara rinci. Misalnya, saat terjadinya pergantian pimpinan desa.

Menghindari hal tersebut, Tim Penertiban Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur bersama Pemerintahan Desa Ganda Suli Kecamatan Luas, melakukan penertiban terhadap aset yang dimiliki desa sejak tahun 2016 hingga bulan Juli tahun 2021. Dilakukan pencacatan serta penomoran seri untuk setiap item yang menjadi aset desa, Rabu (28/7).

“Diluar sana, banyak kejadian aset desa menjadi polemik internal dalam sebauh desa. Dengan adanya penertiban dan penomoran aset desa ini, salah satu manfaat yakni aset tersebut akan aman,” ujar Pjs Kades, Ferawati, S.Kep.

Tak hanya aset dengan nilai tinggi yang didata lalu diberitakan nomor seri, misalnya peralatan informasi dan teknologi. Aset desa lain seperti peralatan PKK juga mendapat nomor seri. Lewat lebih terdata, terang Pjs Kades, dengan penomoran ini akan mempermudah pihaknya dalam pengawasan, ketika aset milik desa ini digunakan oleh warga desa.

“Alhamdulillah proses pendataan telah selesai. Tinggal pemasangan nomor seri sesuai yang tertulis pada aset yang dimiliki,” tutup Kades. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here