Beranda Berita Utama Hilal Dibawah Ufuk, Rabu Masih Ramadhan

Hilal Dibawah Ufuk, Rabu Masih Ramadhan

236
0

RADARKAUR.ID – Hilal dipastikan belum tampak atau masih dibawah ufuk pada sore Selasa ini (11/5). Dengan begitu, Rabu (12/5) besok masih Ramadhan. Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis (13/5). Hal ini dikutif dari Fajar Indonesia Network (FIN) – Grup Radarkaur.id.

“Mengapa pengamatan hilal dilakukan hari ini? Memang harus dilakukan setiap tanggal 29 Ramadhan. Jatuhnya tanggal 29 Ramadhan, ya hari ini. Karena itu dilaksanakan pengamat hilal sekaligus sidang isbat hari ini juga,” kata Kepala Pusat (Kapus) Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono di Jakarta, Selasa (11/5) dilansir fin.co.id.

Berdasarkan data hisab atau secara astronomi, posisi hilal di seluruh Indonesia akan negatif sore hari. Elongasi atau jima baru akan terjadi dini hari nanti.

“Hari ini bulan tenggelam duluan dari ufuk barat. Setelah itu bulan masuk. Baru matahari masuk. Jadi sudah jelas posisi seperti ini. Hari ini secara astronomi tidak akan nampak hilal. Kalau hari ini tidak nampak hilal, tanggal 12 Mei masih Ramadhan,” paparnya.

Berdasarkan data hisab BMKG, hilal akan terlihat besok, Rabu (12/5). Tinggi hilal besok sudah positif.

“Untuk besok sore itu tinggi hilalnya sudah positif,” tutupnya.(rh/fin/RKaOnline)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here