Beranda DESAKU Heboh Bantuan, Lebih Kencang dari Pencegahan Covid-19

Heboh Bantuan, Lebih Kencang dari Pencegahan Covid-19

93
0

KAUR UTARA – Masyarakat mulai lengah dalam menghadapi ancaman Covid-19. Terbukti, masih rendahnya kesadaran warga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) diluar rumah. Namun, kehebohan bantuan Covid-19 justru lebih kencang dibanding dengan upaya pencegahan oleh warga. Hampir setiap desa dibuat heboh dengan penyaluran bantuan. Bahkan, mayoritas warga mengaku paling berhak menerima bantuan karena terdampak Covid-19. Ada beberapa desa yang menggelar aksi orasi menuntut bantuan tanpa memperdulikan keselamatan diri dari ancaman virus.

“Heboh bantuan Covid-19 justru lebih kencang dibanding dengan pencegahan oleh warga. Seperti halnya, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) yang menyedot perhatian publik,” ungkap Sarwan Aidi (50) warga Desa Tanjung Betung I Kecamatan Kaur Utara, kemarin (3/8).

Padahal yang terpenting adalah bagaimana mencegah dan memutus rantai penyebaran virus agar tidak mengancam kesehatan masyarakat, tambahnya kepada Radar Kaur (RKa). Bahkan, nyaris tidak lagi memperhatikan sosial distancing atau jaga jarak aman. Tempat cuci tangan yang diberikan desa juga tidak lagi terlihat disiapkan di depan rumah. Padahal, banyak aktivitas diluar rumah yang tidak dapat dipastikan bebas dari virus. Penggunaan hand sanitizer juga sangat jarang terlihat. Budaya hidup sehat belum terbiasa dilakukan oleh warga.

“Meskipun daerah ini sudah berada di zona aman Covid-19, namun tetap saja harus berhati-hati. Keluar masuk masyarakat dari luar daerah juga cukup banyak. Tidak ada jaminan mereka terbebas dari benih Covid-19,” terangnya.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here