Beranda Lintas Kecamatan Hazairin Ajak Petani Kreatif Manfaatkan Sawah Tadah Hujan

Hazairin Ajak Petani Kreatif Manfaatkan Sawah Tadah Hujan

71
0

SEMIDANG GUMAY – Camat Semidang Gumay, Hazairin, S.Pd mengajak masyarakat di wilayah tugasnya kreatif dalam memanfaatkan sawah tadah hujan. Ini menyikapi banyaknya lahan persawahan yang “tidur”, karena tak dapat dirawat ketika kurangnya curah hujan. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan oleh petani. Seperti mengganti tanaman padi dengan Palawija yang tak membutuhkan banyak pasokan air ketika musim kemarau tiba.

“Karena rata-rata persawahan itu adalah tadah hujan, selama musim kemarau dibiarkan saja. Padahal lahan itu dapat dimanfaatkan dengan menganti padi dengan tanaman yang tidak butuh banyak asupan air. Misalnya dari jenis palawija seperti jagung,” ungkap Camat, Senin (19/10).

Dia mengakui selama tidak dapat menggarap sawah tadah hujan, petani seringkali mengganti mata pencaharian. Untuk terus dapat menafkahi keluarga tentu hal beralih profesi adalah alternatif yang dapat dilakukan. Namun dengan pemanfaatan persawahan yang tidak dapat dimanfaatkan. Tentu akan menambah pengahasilan petani itu sendiri.

“Selain beralih pekerjaan, sebenarnya pengalihan tanaman di sawah ketika musim hujan bisa saja untuk menambah penghasilan. Namun pelakunya harus kreatif untuk menentukan tamanan palawija apa yang sesuai,” ujar Hazairin. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here