Beranda Pendidikan Hari Pertama ANBK SMK, Terganggu Signal

Hari Pertama ANBK SMK, Terganggu Signal

169
0
IST/RKa
PANTAU LANGSUNG : Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah IX Bintuhan, H Jayadi Ruslan, SS, M.TPd saat memantau langsung proses AN-BK di SMKN 4 Kaur, Senin (20/9). Siswa SMKN 8 Kaur terlihat fokus mengerjakan soal.

RKa ONLINE, BINTUHAN – Seperti diketahui, seluruh SMK secara nasional termasuk di Kabupaten Kaur sejak Senin (20/9) hingga Kamis (23/9) mendatang mulai pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Pada hari pertama pelaksanaan ANBK ini tidak semua sekolah yang prosesnya berjalan dengan lancar. Saat proses ANBK itu berlangsung, ada beberapa kendala yang dialami.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Wilayah IX Bintuhan, H Jayadi Ruslan, SS, M.TPd pada Radar Kaur (RKa), Senin (20/9) mengatakan, dari pantauan kami langsung ke lapangan, ada beberapa sekolah yang terganggu oleh lambatnya kinerja signal saat proses ANBK berlangsung. Padahal, pihak sekolah sudah melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi kelancaran signal tersebut.

“ANBK SMK berlangsung mulai hari ini (kemarin, red) sampai tiga hari kedepan. ANBK SMK ini seluruh secara nasional. Ada beberapa kendala yang terjadi saat proses ANBK. Salah satunya yaitu kurang lancarnya signal. Namun Alhamdulillah proses ANBK tetap bisa dilanjutkan,” beber Kacabdin.

Dijelaskan Jayadi, Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat. Guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Tambah Kacabdin, lembaga pendidikan SMK yang ada Kaur ini sebanyak 11 sekolah. Meliputi delapan SMK Nasional dan tiga SMK Swasta. Karena keterbatasan alat sarana dan prasarana (Sarpas) seperti komputer dan sedikitnya jumlah siswa, sebagian sekolah masih ada yang menginduk ke sekolah lain untuk ikut dalam ANBK ini. Seperti halnya SMK Bina Husada Kaur dan SMK Maarif Kaur yang menginduk ke SMKN 5 Kaur.



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here