Beranda Lintas Kecamatan Harga Cengkeh Belum Kembali Berjaya

Harga Cengkeh Belum Kembali Berjaya

72
0

NASAL – Harga beli buah cengkeh kering kini masih bertahan Rp 80.000/kilogram (Kg). Harga ini belum membuat masyarakat memiliki kebun cengkeh berbahagia. Pasalnya, harga ini jika dibanding awal tahun lalu lebih murah. Harga cengkeh pernah mencapai Rp 125.000/Kg. Harga cengkeh kering terkini belum kembali membuat petani cengkeh berjaya seperti dulu.

Pembeli cengkeh dari Provinsi Lampung Andy (37) mengakui, saat ini harga beli cengkeh yang dibandrolnya ini terkategori tinggi. Sebab mayoritas pembeli cengkeh membeli di bawah Rp 80.000/Kg. Karena harga jual cengkeh ke pembeli besar sama ketika ia membeli di masyarakat langsung.

“Saya membeli cengkeh dengan harga Rp 80.000/Kg ini untuk stok. Jika ada lonjakan harga baru saya jual kembali. Hitung – hitung saya menabung uang dengan barang yang sudah pasti,” ujarnya.

Disampaikan Daud (54) warga Desa Tanjung Betuah Kecamatan Nasal, harga yang dibandrol pembeli dari Lampung ini memang paling tinggi diketahuinya saat ini. Oleh sebab itulah ia tergiur untuk menjual cengkeh kering yang disimpannya selama ini. Dia mengakui, harga yang ada saat ini jauh lebih rendah dari dulunya.

“Kalau bisa berharap, harga cengkeh kembali berjaya seperti dulu lagi. Harga jual bisa rerata diangka lebih dari Rp 100.000/Kg,” sebutnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here