Beranda Berita Utama Gugatan Mantan Perades Dismissal Process

Gugatan Mantan Perades Dismissal Process

206
0


RKa ONLINE, BINTUHAN – Gugatan Perangkat Desa (Perades) terkait pergantiannya masih tahap dismissal process di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bengkulu. Dismissal process adalah kewenangan Ketua PTUN yang diberikan oleh undang-undang untuk menyeleksi perkara-perkara yang dianggap tak layak untuk disidangkan oleh majelis. Pasalnya, bila perkara itu disidangkan, akan membuang-buang waktu, tenaga dan biaya.

PTUN memberikan kesempatan kepada penggugat untuk memperbaiki berkas. Tidak menutup kemungkinan gugatan akan kandas di tahap dismissal process.

“PTUN Bengkulu kembali meminta penggugat untuk memperbaiki berkas gugatan,” kata Kabag Hukum Pemda Kaur, Dasrul Imran, SH, Kamis (2/9).

Untuk tahap perbaikan berkas, sudah masuk 13 berkas yang terdiri dari 47 mantan perades. Tiga desa dikabarkan akan mencabut berkas gugatan. Sehingga jumlah berkas yang masih mengajukan gugatan tinggal 10 berkas.

Namun, selain 10 desa tersebut, mantan perangkat dari 18 desa juga berkemungkinan mengajukan gugatan ke PTUN Bengkulu.

Dalam menghadapi gugatan Perades, Pemda Kaur belum menunjuk kuasa hukum negara dan masih ditangani oleh Bagian Hukum Pemda kaur. Apabila nantinya dalam menghadapi gugatan diperlukan, maka Pemda akan memakai kuasa hukum. (ujr)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here