Beranda Politik dan Hukum Gobel: UMKM Level Bawah Harus Ada Insentif

Gobel: UMKM Level Bawah Harus Ada Insentif

19
0

RKA ONLINE, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar memperhatikan dan membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurutnya, sektor UMKM sangat memerlukan dukungan agar segera bangkit dari keterpurukan. Yakni sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung serta kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Saat ini semua sektor merasakan, dan tentunya ini harus mendapatkan dukungan. Yang paling penting adalah UMKM. Bagaimana mengatasi, membantu pelaku UMKM yang kena dampak. Ini harus kita jaga. Di sinilah perlu program-program yang memudahkan mereka, atau mengatasi masalah mereka di masa pandemi ini,” kata Gobel, Kamis (12/8).

Politisi Partai NasDem itu mencontohkan UMKM yang banyak digandrungi masyarakat saat ini adalah kuliner. Pemerintah harus aktif memberi dukungan kepada pelaku UMKM kuliner ini. Dengan begitu, Gobel meyakini perekonomian masyarakat menengah ke bawah akan bertahan selama PPKM berlaku.

“Pemerintah harus bisa memberikan pembinaan, bimbingan kepada para pelaku UMKM. Dari menjual makanan yang lebih sehat, lebih baik. Nah ini harus didorong, diberikan kepada masyarakat,” terangnya.

Gobel menyatakan, jika perusahaan-perusahaan besar mendapatkan insentif dari dampak pandemi Covid-19, maka hal sama juga harus diberikan kepada UMKM.

“Yang penting ini UMKM level bawah harus ada insentif. Nah, ini yang harus dipikirkan. Yang kecil pun harus diinsentifkan,” tegasnya. (khf/fin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here