Beranda Lintas Kecamatan Genjot Penghasilan Warga Desa

Genjot Penghasilan Warga Desa

81
0

KELAM TENGAH – Memaksimalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang terkandung di desa dapat meningkatkan penghasilan masyarakat. Namun, butuh tangan kreatif dan kerja keras semua pihak agar SDA mampu menciptakan sumber penghasilan. Tanpa pengelolaan yang jelas dan terukur, maka akan sangat sulit SDA menjadi mata pencarian warga desa setempat. Bahkan, minimnya pengetahuan pengelolaan akan memancing pihak luar yang masuk memanfaatkannya. Sehingga, warga pribumi hanya menjadi penonton setia selamanya.

“Pemanfaatan SDA menjadi sumber kekayaan alam yang menyediakan penghasilan masyarakat sangat terbuka lebar. Akan tetapi, jika tidak dikelolah dengan baik maka hanya menjadi bahan tontonan,” ungkap Camat Kelam Tengah, Usadi Dinata, S. Pd, Rabu (14/10).

Dikatakan camat, untuk pemanfaatan SDA ini dibutuhkan tangan trampil yang dingin. Sehingga, bisa lebih teliti dan optimis membuka peluang tersebut untuk dijadikan pendapatan tambahan bagi masyarakat. Tergantung dengan desa memiliki sumber daya manusia atau tidak dalam memanfaatkan alam sekitar. Jika hanya berpangku tangan tentu tidak akan ada ide mengembangkan potensi alam sekitar yang cukup kaya. Maka dari itu, desa sudah saatnya mengedepankan pembangunan sumber daya manusia yang handal. Selain itu, dalam menentukan perangkat atau kader harus yang memiliki pola fikir maju.

“Penting menunjuk perangkat desa atau kader yang memiliki pola fikir maju ke depan. Bukan hanya sebatas siap atau oke saja kepada Kades,” ungkap camat.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here