Beranda Berita Utama Gelombang Panas Ekstrem Bakal Melanda Bumi

Gelombang Panas Ekstrem Bakal Melanda Bumi

47
0

RKa ONLINE – LAPORAN iklim PBB menyatakan, bahwa gelombang panas ekstrem yang biasanya terjadi sekali dalam 50 tahun kini diperkirakan bakal melanda sekali setiap dekade.

“Fenomena ini dikabarkan sudah terjadi, seiring kenaikan suhu rata-rata Bumi yang sudah melampaui 1 derajat Celcius,” tulis laporan PBB yang dirilies Senin, (9/8/2021).

Menurut laporan PBB tersebut, dampak dari fenomena itu akibatnya beragam jenis, salah satunya cuaca ekstrem yang selama ini tergolong langka menjadi lebih marak.

“Manusia dinilai harus bersiap diri menghadapi lonjakan kasus gelombang panas, kekeringan atau bencana banjir,” terang laporan PBB.

Dalam studi teranyar, Panel Iklim PBB (IPCC) untuk pertamakalinya mengukur tingkat probabilitas terjadinya cuaca ekstrem. Menurut penghitungan ilmiah, kemungkinan munculnya hujan sekali dalam satu dekade kini 1,3 kali lipat lebih besar dan 6,7 persen lebih basah, dibandingkan sebelum era industrialisasi.

“Sementara bencana kekeringan yang biasanya muncul sekali dalam satu dekade, bisa melanda sekali dalam lima atau enam tahun,” jelas IPCC.

IPCC menegaskan, bahwa fenomena cuaca ekstrem berkaitan erat dengan krisis iklim dan meningkatnya suhu rata-rata Bumi. Saat ini musim kering di Brasil misalnya tercatat yang paling parah dalam 91 tahun terakhir.

“Gelombang panas di Kanada, kebakaran di Kalifornia, banjir di Jerman dan Cina serta bencana kekeringan di Brasil memperjelas bahwa iklim yang ekstrem akan menimbulkan kerusakan besar,” kata Paulo Artaxo, peneliti kepala dalam studi PBB. (der/fin)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here