Beranda Berita Utama Gelar Seleksi Tertulis Untuk Cakades

Gelar Seleksi Tertulis Untuk Cakades

326
0

RKa ONLINE, BINTUHAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2021 akan berbeda dengan pilkades sebelumnya. Pemda Kaur akan menambahkan aturan baru pada sistem penilaian calon kepala desa (cakades). Yakni dengan mengadakan seleksi tertulis. Meskipun seleksi tertulis hanya dilakukan kepada desa dengan jumlah cakades lebih dari 5 (lima). Hal ini disampaikan Plt Kadis PMD Kabupaten Kaur, Asdyarman,S.Sos melalui Kabid Bina Kelurahan dan Desa, Doni Raspino,ST kepada Radar Kaur, Selasa (31/8).

“Memang belum masuk sebagai syarat administrasi bagi cakades. Baru sebagai aturan tambahan. Yakni jika cakadesnya lebih dari lima, maka aturan tambahan ini diberlakukan,” terangnya.

Doni juga menyampaikan bahwa perbup yang mengatur hal itu sampai saat ini masih dalam pembahasan dan penggodokan. Meskipun begitu, aturan tambahan itu berpeluang besar untuk diberlakukan.

Doni juga menjelaskan bahwa persentase penilaian dari hasil tes tertulis itu berpeluang lebih besar dari syarat administrasi yang lain. Dimana syarat administrasi yang lain meliputi pendidikan, pengalaman dibidang pemerintahan dan usia cakades.

“Persentasenya mungkin sekitar 60 persen, sedangkan untuk tiga persyaratan administrasi yang lain itu nilai totalnya 40 persen. Namun itu belum final. Kepastiannya tunggu saja perbupnya,” tambahnya.

Aturan tambahan itu, lanjut Doni, sebagai upaya Pemda Kaur untuk meningkatkan kualitas kepala desa. Meskipun tidak menjadi jaminan dari aturan tambahan itu akan muncul kepala desa yang berkualitas tinggi, namun setidaknya ada upaya yang telah dilakukan oleh Pemda Kaur.

“Karena yang menentukan siapa kepala desa terpilih adalah warga desa itu sendiri,” pungkasnya.(red)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here