Beranda Berita Utama Gelar Lomba Pagar, Desa Mursa Syaratkan Toga

Gelar Lomba Pagar, Desa Mursa Syaratkan Toga

28
0
IST/RKa
BAGIKAN KUPON: Panitia lomba pagar Desa Muara Sahung memberikan kupon pada peserta lomba pagar, Sabtu (7/8).

RKa ONLINE, MUARA SAHUNG – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 tahun, Desa Muara Sahunh (Mursa) menggelar lomba pagar bambu dan kayu dengan ketinggian 1 meter untuk diikuti warga desa tersebut. Selain menerima kupon sebagai peserta, ada beberapa ketentuan dalam lomba yang memperebutkan bergaam doorprize itu. Seperti harus adanya Tumbuhan Obat Keluarga (Toga) yang tumbuh di sekitar pagar. Penilaian penenang dilakukan pada tanggal pada tanggal 15 Agustus mendatang.

“Bagaimanapun kondisinya, tentu kita harus menyambut hari bersejarah ini dengan suka cita. Karenanya, agar nuansa tersebut tetap warga kami rasakan, kami mengadakan lomba ini, sebagai kegiatan desa alternatif dalam menyambut peringatan hari kemerdekaan,” ujar Kades Muara Sahung, Gunawan pada RKa, Sabtu (7/8).

Kades merinci, untuk kriteria penilaian lomba, selain pagar hari memiliki ketinggian 1 meter dan harus dilakukan pengecatan, serta kerapiannya. Di dalam lingkungan yang dipagar juga harus ada tumbuhan sebagai apotek hidup, kemudian harus didukung lingkungan yang bersih.

Jelas Gunawan, selain bertujuan memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, tujuan lain dalam perlombaan adalah menerapkan hidup sehat bagi dalam keseharian. Lalu, dengan adanya Toga atau apotek hidup, manfaat yang dirasakan bisa menjadi penanganan pertama ketika terjadi gangguan kesehatan. Contoh nya, seperti irisan batang serai dan umbi kunyit, dapat menjadi pertolongan pertama ketika terjadi gangguan kesehatan perut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan mencapai harapan. Baik dalam memeriahkan HUT kemerdekaan, atau penerapan pola hidup sehat,” harap Kades. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here