Beranda Tak Berkategori Gangguan Keamanan Meningkat, Masuk Desa Wajib Lapor

Gangguan Keamanan Meningkat, Masuk Desa Wajib Lapor

187
0

TANJUNG KEMUNING – Gangguan keamanan dilingkungan desa terasa meningkat. Baik itu pencurian, maupun ancaman kejahatan lainnya. Untuk pencegahan tindak pidana di desa, semua pendatang yang baru masuk ke desa wajib lapor ke aparatur desa. Bukan hanya tamu, atau penduduk yang baru pindah akan tetapi semua warga yang berkepentingan dalam desa harus melaporkan diri. Setidaknya, menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya ke desa serta memperlihatkan identitas diri.

“Siapapun yang datang wajib melaporkan diri ke aparatur desa. Khususnya bagi mereka yang berdiam lebih dari 24 jam,” ucap Pjs Kades Pelajaran I Kecamatan Tanjung Kemuning, S. Arman, kemarin (11/8).

Ketentuan tamu wajib lapor ini bagian dari upaya mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan yang beraksi. Setidaknya, pemerintah desa dapat memantau aktivitas keluar masuk tamu ke desa. Sehingga, jika terjadi suatu hal yang tidak baik dapat segera diambil tindakan nyata. Tujuan melapor bukan hanya mengantisipasi jika pendatang sebagai pelaku, namun juga menjaga jika mereka menjadi korban kejahatan. Oleh karenanya, masyarakat harus memahami mengapa pentingnya wajib melapor ke aparatur desa.

“Semua pendatang, baik tamu maupun keluarga dekat yang menetap lebih 24 jam wajib lapor ke aparatur desa,” demikian S. Arman.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here