Beranda Berita Utama Enam Wartawan Kaur Pelatihan Pra-UKW

Enam Wartawan Kaur Pelatihan Pra-UKW

336
0
HERY/RKa
PETIKAN LAYAR: Meski digelar secara virtual peserta pra-UKW tetap menyempatkan diri untuk berfoto bersama, Senin (22/2).

BINTUHAN – 55 Wartawan yang berasal dari media cetak, media elektronik, serta media cyber se-Provinsi Bengkulu mengikuti pra-Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Enam diantaranya merupakan utusan PWI Kabupaten Kaur. Pelatihan bagi para wartawan sebelum mengikuti UKW digelar dengan mekanisme dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Senin (22/2) dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB.

Sebagai tolak ukur hasil pelatihan, panitia menyediakan sesi pra-test dan post-test yang wajib diisi oleh peserta pelatihan. Jawaban peserta pelatihan pada pra-tes dan post tes menjadi penilaian Dewan Pers untuk memutuskan peserta pelatihan layak untuk mengikuti tahap UKW. Selain, syarat pemberkasan yang sudah lebih dulu dikumpulkan.

Pada pelatihan virtual tersebut, 3 orang narasumber dari Dewan Pers memberikan materi sebagai bekal bagi insan jurnalis untuk lulus UKW yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu. UKW akan dilangsungkan tanggal 1 hingga 3 Maret 2021.

Ketiga narasumber tersebut yakni Agus Sudibyo menyampaikan materi dengan tema “Filosofi Jurnalisme”. Materi selanjutnya dengan tema “Kode Etik Jurnalistik & Hukum Pers” disampaikan Iqbal Irsyad. Terakhir materi tentang “Teknik Wawancara dan Penulisan Berita” oleh Irmanto bertindak sebagai narasumber dalam sesi ini.

“Pelatihan dan pra-UKW ini menjadi modal bagi kawan-kawan jurnalis dalam sebelum mengikuti UKW. Karena apa yang nanti diujikan nanti semua berhubungan dengan materi yang disampaikan pemateri. Baik itu untuk jenjang Muda, Madya, atau Utama,” ujar Moderator Pra-UKW dari Dewan Pers, Dwi Ajeng Widarini Satroprawiro .

Terpisah, Ketua PWI Kabupaten Kaur, Daspan Haryadi, S.IP mengatakan, ada enam peserta pra-UKW dari Bumi Se’ase Seijean. Jenjang Utama diikuti oleh Muhammad Isnaini,S.ST dari Surat Kabar Harian (SKH) Radar Kaur (RKa). Sedang untuk jenjang Madya diikuti Airullah Syekhdi dari Harian Bengkulu Ekspres, dan Yulianda Gustiarsyah dari media cyber Britanesia.com. Untuk jenjang Muda diikuti Hery Kurniawan dari SKH RKa, Sirat Judin dari RRI Bintuhan dan Sopan Abdi Jaya dari media cyber Indoku.id.

“Pesan saya, agar semua peserta dari PWI Kabupaten Kaur mengikuti semua proses ini, baik pra-UKW maupun UKW. Dan mudah-mudahan semua lulus. Lalu menjadi semangat untuk rekan jurnalis yang lain agar lebih meningkatkan kompetensinya,” harap Daspan.(yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here