Beranda Berita Utama Empat UPZ Terbaik, Raih Baznas Award 2021

Empat UPZ Terbaik, Raih Baznas Award 2021

132
0


UJANG/RKa
PIAGAM : Plt Asisten 1 Robi Antomi, SPI menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu OPD penyalur Zakat Infaq Sadaqah (ZIS) terbaik, Senin (23/3).

BINTUHAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kaur, Senin (23/3) memberikan sertifikat kepada 4 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbaik tahun 2020. Keempat UPZ tersebut berhak mendapatkan sertifikat sebagai tanda penghargaan sebagai ajang Baznas Award 2021. Empat UPZ tersebut yakni Sekretariat Daerah, Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) dan Kecamatan Muara Sahung. Empat UPZ itu telah berhasil mengumpulkan lebih dari 90 persen dari target. Baznas Kaur saat ini telah berhasil mengumpulkan Zakat Infak Sadaqah Rp 94,3 juta perbulan.

“Pengumpulan ZIS paling banyak masih dari ASN. Alhamdulillah dari tahun ke tahun terus meningkat. Meskipun memang belum mendapai 50 persen dari target,” kata Plt Asisten 1 Robi Antomi,S.Pi saat membuka acara, Senin (23/3).

Dikatakan Robi Antomi, apabila seluruh OPD telah memaksimalkan pengumpulan ZIS maka setiap bulan akan ada zakat Infaq Rp 340 juta perbulan. Untuk memaksimalkan penyaluran ZIS maka harus bersama-sama mengingatkan dan mendorong seluruh ASN untuk menyalurkan ZIS ke Baznas Kabupaten Kaur.

Lanjut Robi, untuk jumlah ZIS yang telah terkumpul di Baznas Kabupaten Kaur Rp 94,3 juta perbulan hal itu sudah ada peningkatan karena di tahun 2017 jumlah ZIS Rp 13 juta perbulan. Tahun 2018 Rp 26 juta per bulan, tahun 2019 sebesar Rp 89 juta per bulan dan tahun 2020 Rp 94,3 juta lebih. Dengan begitu kesadaran ASN yang ada di kabupaten kaur sudah meningkat. Sedangkan dari hitungan yang ada apabila penyaluran ZIS sudah maksimal maka perbulan bisa mencapai Rp 340 juta perbulan.

Ditambahkan Asisten, dengan adanya Baznas Kabupaten Kaur maka banyak masyarakat yang bisa dibantu baik itu peningkatan ekonomi, bedah rumah dan yang lainnya dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kaur. Mudah-mudahan dengan telah timbulnya kesadaran masing-masing zakat Infaq akan bisa terkumpul dengan maksimal nantinya. (ujr)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here