Beranda Berita Utama Empat Desa Pilkades Ulang

Empat Desa Pilkades Ulang

382
0

BINTUHAN – 115 desa di Kabupaten Kaur telah selesai melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Minggu (28/2). Namun, sesuai hasil penghitungan suara yang berhasil dihimpun tim Radar Kaur sampai Minggu sore. Ada empat desa yang harus melakukan Pilkades ulang. Karena terdapat 2 calon kades yang meraih suara terbanyak yang sama di desa masing-masing.

Masing-masing calon yang akan mengikuti pilkades ulang yakni di Desa Jawi Kecamatan Kinal, calon nomor urut 1 Yendra Haito dan nomor urut 3 Didi Haryanto setelah sama-sama meraih 147.

Kemudian di Desa Datar Lebar 1 Kecamatan Lungkang Kule, dua calon yang berlaga Milaslan dan Dasrin sama-sama meraih hasil 166 suara.

Sedangkan di Desa Suka Merindu Semidang Gumay, pilkades ulang akan diikuti oleh calon incumbent A Karim dan Badrul Jamali setelah sama-sama meraih 103 suara.

Dan terakhir Desa Durian Besar Kecamatan Luas, pilkades ulang akan diikuti oleh Isminirwan dan Sirat Judin setelah sama-sama meraih 74 suara.

“Hasil penghitungan suara Pilkades hingga sore pukul 17.00 WIB, sudah dipastikan empat desa yang perolehan suaranya draw atau sama. Dan sesuai aturan, akan dilakukan pemilihan ulang,” kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur H.Asmawi,S.Ag,MH, kepada Radar Kaur Minggu (28/2).

Sesuai dengan aturan desa yang peserta Pilkades hasil suaranya draw atau sama maka akan dilakuka pilkades ulang. Sedangkan untuk jadwal Pilkades ulang akan ditentukan kemudian, setelah adanya persiapan baik panitia maupun logistiknya.

Lanjut Asmawi, peserta Pilkades ulang diikuti oleh calon yang hasil perolehan suaranya sama. Apabila calon Pilkades berjumlah tiga dan suara draw dua calon maka yang ikut pilkades ulang hanya dua calon saja.

Calon Incumbent Tumbang
Sementara itu, di Kecamatan Kaur Selatan terpantau juga ada dua calon Incumbent yang bertarung dalam Pilkades pada 28 Februari 2021 terpaksa mengakui keunggulan penantangnya. Yakni di Desa Pahlawan Ratu dan Desa Air Dingin Kecamatan Kaur Selatan tumbang.

Di Desa Air Dingin, calon incumbent Ridwan yang mendapatkan suara 233 kalah dari Alpian Aidi mendapatkan suara 294 suara. Sedangkan untuk Pahlawan Ratu, calon incumbent Suharli yang meriah 91 suara, kalah telak dari Kamarsyah yang mendapatkan suara 168.

Dari Pantauan Radar Kaur untuk Incumbent yang menang dalam Pilkades dari sembilan Desa yang kembali terpilih yaitu Desa Gedung Sako 1 dan Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan. Sedangkan untuk Desa Kepala Pasar pilkades dimenangkan oleh Roni Agusman dengan 266 suara.

Mantan Camat Terpilih jadi Kades
Pantauan Radar Kaur juga, Mantan Camat Maje Ahmad Marzuki, M.TPd terpilih menjadi Kades Wayhawang Kecamatan Maje. Berdasarkan penghitungan hasil Pilkades sementara Admad Marzuki mendapatkan suara 169 mengungguli Siratjudin, M Mukhlis dan Mantap. Kemenangan yang didapat mantan Camat Maje ini dengan selisih 17 suara.

“Berdasarkan informasi yang kami terima memang berdasarkan hasil penghitungan. Ahmad Marzuki memang lebih unggul dari yang lainnya,” ujar Camat Maje Anshari, S.Sos.

Untuk jumlah ril jumlah sembilan desa yang melaksanakan Pilkades belum diketahui pasti, kata dia, karena belum mendapatkan data keseluruhan.

“Untuk data pasti kami belum mendapatkan laporan. Tapi kalau data sementara sudah ada walau bukan berdasarkan laporan resmi dari panitia Pilkades,” ungkapnya.

Satpam KPUD Ungguli Toke Sawit
Hal menarik lain juga terpantau di Desa Gunung Tiga 1 Kecamatan Semidang Gumay. Calon nomor 1 Ahmad Yani yang diketahui selama ini berprofesi sebagai Satpam di Sekretariat KPUD Kaur berhasil mengungguli lawannya, Bustami yang selama ini diketahui sebagai juragan (toke) Ram TBS Sawit. Ahmad Yani meraih 204 suara berbanding 73 suara yang diraih Bustami.

Di Desa Lubuk Gung Kecamatan Semidang Gumay, Erlan Jayadi yang meraih 141 suara unggul atas Syahrol Nikmat yang meraih 48 suara.

Di Desa Nusuk Mahyen berhasil unggul dengan 226 Suara, atas calon lain yakni Yulian Sapri 155 suara dan Agus Maslian 77 suara.

Di Desa Tanjung Harapan, Tabri juga unggul dengan 203 suara. Unggul atas calon lain, Ansuri Zuganda dengan 180 suara dan Nadian Agusman 23 suara.

Di Desa Karang Dapo, Sopian Saidi yang meraup 125 suara unggul dari Didi Pawanzah 47 suara, Ujang Anuardi 41 suara dan Heri Yanto Gunawan dengan 87 suara.

Di Desa Bunga Melur, Febri Yogi Awansyah unggul 181 suara dari Johendri 164 suara, Syahril Amzah 78 Suara dan Amhil 39 Suara.

Di Desa Cahaya Bathin, calon Incumben Arlianto yang maih 278 suara harus mengakui keunggulan penantangnya, Hanifatus Sholihin yang meraih 365. Calon lain, Herdaya Damsyah hanya meraih 24 suara.

Sedangkan di Desa Suka Merindu Semidang Gumay, pilkades ulang akan diikuti oleh calon incumbent A Karim dan Badrul Jamali setelah sama-sama meraih 103 suara.

“Untuk Desa Suka Merindu, karena hasil yang didapat 2 calon perolehan tertinggi sama, maka sesuai aturan akan digelar Pilkades ulang. Namun untuk teknisnya, kami menunggu dari Dinas PMD,” terang Camat Semidang Gumay, Hazairin,S.Pd didampingi Pjs Suka Merindu, Merlianto,S.Sos saat memantau pelaksanaan pilkades.

Sementara itu, Pemilihan Kepala Desa di Eks Kaur Utara sudah berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada keributan saat pencoblosan kartu suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Data terhimpun oleh Wartawan Radar Kaur di Kecamatan Kaur Utara 3 Cakades Incumben tumbang. Yaitu Desa Perugaian Nasruhun, Desa Tanjung Betung 2 Iri Mudian dan Desa Pancur Negara Yudiman Hartono. Ketiga cakades ini tumbang oleh lawan lawannya.

Di Desa Perugaian dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 474 Pemilih, suara Sah 470 pemilih dan Rusak sebanyak 4 Pemilih. Nasruhun yang meraih 230 suara tidak dapat menandingi Pian Hermmawanto yang meraup 420 suara.

Desa Tanjung Betung 2, Iri Mudian cakades incumben kalah telak dengan cakades perempuan, selisihnya sangat jauh sebanyak 80 pemilih.

Bukan hanya itu incumben Pancur Negara Yudiman Hartono kalah telak dengan cakades yang pernah dikalahkanya pada Pilkades lalu, Risdianto. Yudiman Hartono hanya mendapatkan 20 suara sedangkan Risdianto sebanyak 131 suara.

Di Kecamatan Lungkang Kule juga terjadi incumben kalah dengan suami Pejabat Sementara (Pjs) Desa Sukananti. Incumben kalah dengan selisih tidak terlalu jauh. Risnadi sebagai incumben Desa Sukananti dikalahkan oleh Adianto, suami dari Pjs Kades Sukananti. Risnadi mendapatkan 74 suara, sedangkan Adianto sebanyak 100 suara dengan selisih 26 suara pemilih.

Sedangkan di Desa Datar Lebar II, dua Cakades yang mencalonkan diri mendapatkan nilai yang sama. Milaslan dan Dasrin sama sama mendapatkan 166 suara. sehingga di Desa Datar Lebar II, dimungkinkan untuk melaksanakan Pilkades ulang.

Camat Lungkang Kule Mirtanadi,S.KM,MM kepada Wartawan RKa, Minggu (28/2) mengatakan khusus Desa Datar Leber II, akan segera dikoordinasikan dengan Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa, karena hasil suara kedua cakades sama sebanyak 166 suara.

“Akan segera dikoordinasikan dengan Dinas PMD,” kata Mirtannadi.

Di Padang Guci Hulu hingga pukul 18.00 WIB masih belum selesai penghitungan hasil suara pilkades. Panitia Pilkades masih menunggu sampai selesai dikarenakan penghitungan hasil suara Pilkades di Kecamatan Padang Guci Hulu dimulai pada pukul 14.00 WIB. (ujr/mrn/cw1)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here