Beranda Pendidikan Dukung Ujian Praktek Lagu Daerah

Dukung Ujian Praktek Lagu Daerah

85
0

BINTUHAN- Sigit Harjono (59) tokoh seni musik Kabupaten Kaur, memberikan dukungan untuk ujian praktek jenjang mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), dengan meminta peserta didik menyanyikan lagu daerah Kabupaten Kaur, salah satunya lagu yang berjudul Se’ase Seijean. Menurutnya, hal tersebut merupakan cara untuk mempertahankan kesenian daerah, ditengah gerusan genre musik abad milenial.

“Tak ada salahnya anak-anak zaman kini mengandrungi musik tren pada zamannya. Namun, musik daerah sebagai identitas asli daerah. Juga mereka kenal. Karenanya saya menyatakan dukungan kalau dalam ujian praktek SD, dalam salah satu mapel meminta peserta didik menyanyikan lagu daerah,” ujar Sigit pada RKa, Kamis (8/4).

Menurutnya, ujian praktek ini bukanlah ajang seleksi untuk mendapatkan peserta didik yang memiliki potensi di dunia tarik suara. Namun, lebih ke pemahaman arti sebuah lagu yang dinyanyikan. Dimana setiap lagu daerah Kaur, memiliki makna dan pesan yang dalam kepada masyarakatnya.

“Kalau ada ditemukan (peserta didik,red) bersuara bagus. Itu sebuah bonus, dimana bakat itu harus di kelolah secara maksimal. Lebih ke pemahanan makna dalam lagu yang mengunakan bahasa daerah,” tutupnya. (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here