Beranda Metropolis Dua Bulan, 14 Ribu Benur Diangkut

Dua Bulan, 14 Ribu Benur Diangkut

80
0

BINTUHAN – Tempo waktu satu dua bulan terhitung September-Oktober 2020, Dinas Perikanan (DP) Kabupaten Kaur telah memberikan rekomendasi penangkaran dan pengangkutan anak lobster atau benur sebanyak 14 ribu ekor. Benur tersebut sebelum dilakukan pengangkutan atau dibawa keluar dari Kabupaten Kaur terlebih dahulu dicek kelayakan oleh petugas. Apabila kelayakan benih atau anak lobter tersebut bagus mak DP memberikan rekomendasi.

“Untuk jumlah anak benur yang telah di keluarkan dari Kabupaten kaur sebanyak 14 ribu ekor, seluruh anak benur dilakukan pengecekan sebelum pengepul mengangkut anak benur tersebut keluar daerah,” kata Kadis Perikanan Edwar Heppy, S,Sos melalui Kabid Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Miti Suryani, S.Pi,M.Si Minggu (18/10).

Dikatakan Kabid, untuk jumlah 14 ribu ekor benur semuanya dalam kategori bagus atau layak ditangkar atau dibudidayakan. Sedangkan dari 14 ribu anak benur paling banyak nelayan mendapatkan benur wilayah Kecamatan Maje yang mana dalam dua pekan bisa mengumpulkan 65 ribu ekor benur.

Lanjut Kabid, dengan telah banyaknya nelayan melakukan penagkapan benur harapan para nelayan tetap memperhatikan kelestarian laut. Seperti apabila jaring benur sudah tidak layak lagi atau rusak agar dibawa kepinggiran laut dan dimusnahkan jangan malah dibuang di tengah laut. Karena jaring-jaring yang dibuang di tengah laut akan merusak ekosistem laut dan terumbu karang tentunya. (ujr)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here