Beranda DESAKU Dorong BPD Inisiasi Perdes

Dorong BPD Inisiasi Perdes

102
0

TANJUNG KEMUNING – Sekcam Tanjung Kemuning, Dihan Aslin, A.Md.Pd, Selasa (4/8) mengajak Badan Permusyaratan Desa (BPD) menginisiasi penerbitan Peraturan Desa (Perdes). Banyak potensi yang dapat dijadikan referensi penyusunan Perdes yang bertujuan untuk menjadi dasar hukum dalam penanganan masalah. Baik itu, sengketa lahan, ternak, retribusi maupun adat istiadat desa setempat. Selain itu, Perdes tentang pengajuan perizinan usaha maupun Perdes keamanan lingkungan. Sampai saat ini, belum ada desa yang memiliki Perdes untuk dipedomani oleh warganya. Kecuali perdes tentang dana desa.

“BPD diharapkan mampu menjadi inisiator dalam penyusunan Perdes. Menyiapkan referensi hukum yang tidak bertentangan dengan aturan, perundang-undangan maupun Peraturan Daerah (Perda) yang lebih tinggi dari Perdes,” ungkap Dihan, kepada Radar Kaur (RKa).

Perdes yang disusun, kemudian disosialisasikan ke warga desa baru ditetapkan. Melalui Perdes ini, maka warga desa akan jauh lebih tertib. Baik itu, administrasi kependudukan maupun lini kehidupan lain. Sebab, diatur dalam suatu ikatan tatanan dan aturan yang melekat. Apalagi, Perdes terkait keamanan lingkungan, ada sanksi tegas yang diberikan jika warga melakukan tindakan diluar batas kewajaran menurut budaya lokal.

Kasus perselingkuhan misalnya, dapat diatur dalam Perdes terkait sanksi desa. Baik berupa sanksi adat maupun sanksi hukum lainnya. Dengan demikian, tatanan kehidupan warga akan mengacu pada aturan yang berlaku. Ada rasa sungkan bahkan malu jika harus diadili secara terbuka berdasarkan aturan desa yang disahkan menjadi Perdes.

“Banyak manfaat Perdes, namun sayangnya belum ada desa yang memaksimalkan fungsi Perdes. Ada beberapa desa yang sudah menerbitkan Perdes, akan tetapi tidak disosialisasikan kepada warga. Sehingga, banyak masyarakat yang tidak tahu,” tutupnya.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here