Beranda Lintas Kecamatan Diserang Hama, Ratusan Hektare Sawah Teranca Gagal Panen

Diserang Hama, Ratusan Hektare Sawah Teranca Gagal Panen

89
0
YUSMAN/RKa
DISERANG HAMA : Tanaman padi hamparan sawah lembak Desa Talang Marap Kecamatan Kelam Tengah rusak akibat diserang hama, Minggu (20/9).

KELAM TENGAH – Petani padi hamparan Sawah Lembak Desa Talang Marap Kecamatan Kelam Tengah mulai cemas. Pasalnya, serangan hama ganas merusak tanaman padi yang sudah memasuki usia bulan kedua. Sedikitnya, 11 hektare sawah hamparan ini mengalami serangan hama tanaman padi yang menyebabkan daun menguning mirip terbakar. Bahkan, tanaman padi banyak yang mati akibat hama tersebut. Petani sawah sudah berupaya keras menyelamatkan tanaman dengan berbagai cara penyemprotan pestisida anti hama. Namun, belum membuahkan hasil seperti yang diharapkan petani sawah.

Kades Talang Marap, Janusi Abdul Hamid mengatakan, serangan hama pada tanaman padi ini menimbulkan kecemasan. Petani mulai membayangkan gagal panen pada musim mendatang. Oleh karenanya, petani padi sawah berharap Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) wilayah Kecamatan Kelam Tengah dapat membantu mengatasi hama. Sehingga, dapat menyelamatkan padi yang tidak lama lagi akan mulai keluar tangkai buah.

“Serangan hama ini sangat mengancam gagal panen musim ini. Padahal, sudah banyak biaya yang dikeluarkan oleh petani,” ujar Janusi Abdul Hamid, Minggu (20/9).

Lebih lanjut Kades menjelaskan, serangan hama ini dialami petani sejak beberapa pekan lalu. Dampaknya luar biasa terhadap tanaman padi. Pertumbuhan padi tidak berjalan efektif seperti biasa. Sehingga, mengganggu kesuburan tanaman dan menurunkan hasil panen. Bahkan, hasil panen diprediksi bakal turun drastis dan tidak sesuai dengan beban biaya yang dikeluarkan selama perawatan.

“Bantuan PPL diharapkan dapat meringankan petani guna mengatasi hama. Setidaknya, ada pengetahuan cara mengusir penyakit,” tandas Janusi.(xst)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here