Beranda Bengkulu Selatan Dinas Pertanian Gagal Garap Lahan Pemda

Dinas Pertanian Gagal Garap Lahan Pemda

108
0

BENGKULU SELATAN (BS) – Sejak tahun 2019 lalu lahan kosong di halaman Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sudah mulai digarap oleh Pemda BS. Untuk penanaman pakan seperti jagung. Namun hasilnya tidak maksimal hingga tahun 2020 akhir. Bahkan, dana yang dikeluarkan tidak tanggung-tanggung untuk penanaman jagung di halaman Pemda. Jika di lihat dari segi pengelolaan tidak bisa diragukan lagi. Pasalnya, pihak Pemda BS langsung menurunkan Dinas Pertanian untuk mengelola jagung yang sebelumnya ditanam di halaman Pemda BS. Alhasil dari perawatan hingga pengelolaan haslinya tidak signifikan.

Kabag Umum Pemda BS, Nasrul Efendi, M.Pd mengatakan, luas lahan Pemda BS mencapai 1 hektare ini sudah di kelola oleh Pemda BS sejak dua tahun terakhir ini. Tetapi, hasilnya belum maksimal. Dikarenakan kualitas tanah yang ada di halaman Pemda BS tidak bagus, sehingga hasilnya belum maksimal. Saat ini, lahan Pemda BS mulai di kosongkan.

“Jadi sudah dicoba berbagai tanaman tapi gagal. Dan penyebabnya adalah lahan pekarangan Kantor Bupati ini memang tidaklah bagus tanahnya gambut,” katanya.

Lanjutnya, untuk pemanfaatan lahan Kantro Bupati Pemda BS meminta masukan kepada seluruh lapisan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten BS. Sebab, di tahun ini Pemda BS berencana akan melakukan penanaman kembali di lahan Pemda BS dengan melibatkan Dinas Pertanian BS. Bahkan, mereka memperdiksi di tahun ini hasil tanam di halaman Kantor Bupati lebih maksimal dibanding tahun sebelumnya.

“Tetap dikelola, untuk isinya belum tau apa yang cocok,” ujar dia.(rjs)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here