Beranda Berita Utama Dijanjikan BPN, Sertifikat TORA Diserahkan Desember

Dijanjikan BPN, Sertifikat TORA Diserahkan Desember

213
0

RKa ONLINE, MAJE – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kaur dua minggu lalu telah menjanjikan akan menyerahkan sertifikat lahan yang masuk dalam program Tanah Objek Reformasi Agraria (TORA). Janji yang disampaikan kepada perwakilan Desa Tanjung Aur dan Desa Kedataran Kecamatan Maje merupakan angin segar yang sudah lama dinantikan warga. Lahan yang disertikat dalam program TORA itu meliputi lahan permukiman, fasilitas umum dan fasilitas sosial. Jika telah diberikan sertifikat, maka lahan masyarakat sudah ada pembukitan legal bebas dari lokasi Hutan Produksi Terbatas (HPT). Hanya saja lahan perkebunan belum termasuk dalam program TORA itu, sehingga belum bisa bebas dari HPT.

“Memang kami sudah dipanggil pihak BPN dua minggu lalu ke kantor mereka. Pada saat kami diberitahukan bahwa sertifikat lahan yang masuk program TORA akan diberikan akhir tahun,” jelas Mujito (54) tokoh masyarakat BRT Desa Kedataran Kecamatan Maje.

Sebutnya, untuk wilayah BRT ada 257 persil. Kalau luasan lahan secara detail dia tidak dapat memastikan. Namun koordinat lokasi lahan yang masuk lokasi TORA mulai dari kilometer (KM) 23 – Km 31. Teknis penyerahan sertifikat nantinya akan diserahkan secara simbolis oleh BPN. Kalau di tingkat desa nanti akan dibagikan melalui orang yang dipercaya.

“Jika lahan kami sudah ada sertifikat. Maka lahan yang kami tempati sudah menjadi hak milik,” sebutnya. (mrn)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here