Beranda Lintas Kecamatan Digitalisasi Desa, Sinar Jaya Pasang WiFi

Digitalisasi Desa, Sinar Jaya Pasang WiFi

42
0
HERY/RKa
WIFI: Sekdes Sinar Jaya, Tarmzi didampingi Ketua BPD, Robi Yanda menunjukkan modem internet jaringan telepon di kantor desa, Minggu (15/8).

RKa ONLINE, KAUR TENGAH – Dewasa kini di tengah berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), mulai dilakukan digitalisasi di setiap segi kehidupan, salah satunya dalam urusan administrasi desa. Sadar akan hal tersebut, sejak satu pekan lalu, Desa Sinar Jaya Kecamatan Kaur Tengah melakukan pemasangan jaringan internet milik PT.Telkom (Persero).

“Dalam urusan administrasi serta lainnya, digitalisasi telah mulai dilakukan. Ambil contoh dalam hal pelaporan. Selain dalam fisik, file laporan juga harus di-upload ke database. Juga seperti pemutakhiran Data SDGs beberapa waktu lalu,” ujar Kades Sinar Jaya, Rodi Hartono pada RKa, Minggu (15/8).

“Selama ini kami menggunakan internet yang berasal dari jaringan seluler. Namun karena sering terkendala, ditambah signal di desa kami lumayan susah, maka diputuskan untuk memasang jaringan WiFi di kantor desa. Insya Allah, Desa Sinar Jaya siap melakukan digitalisasi dalam pemerintahan desa,” lanjut Kades.

Agar fasilitas yang telah disediakan desa ini tak mubazir, dirinya telah menginstruksikan pada para perangkat desa (Perades) Sinar Jaya untuk mulai mengupgrade diri, dalam pemanfaatan produk kemajuan Iptek, dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan bagi warga desa. Sebut saja mengoperasikan komputer, serta memanfaatkan jaringan internet yang telah tersedia, untuk mempelajari banyak hal, khususnya dalam tugas dan fungsi dari jabatan yang diemban.

“Jadi tujuannya bukan digunakan untuk senang-senang saja. Melalui fasilitas ini hendaknya bisa untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan pada warga desa. Juga untuk mengupgrade kualitas diri sebagai pelayan masyarakat,” ujar Kades.

Imbuh Rodi, lewat fasilitas ini, diharapkan juga dapat membantu pelajar di desanya, dalam melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yang kini masih harus dilakukan karena belum dapat maksimalnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM). (yie)




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here